Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan kuliah umum kepada ratusan perwira TNI, di Jakarta, Rabu (8/7/2020). (Dokumentasi Humas Kemenko Kemaritiman dan Investasi)
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan kuliah umum kepada ratusan perwira TNI, di Jakarta, Rabu (8/7/2020). (Dokumentasi Humas Kemenko Kemaritiman dan Investasi) ( kompas.com)

Luhut Mengatakan Transportasi Darat Jadi Kunci Pertumbuhan Ekonomi

20 Agustus 2020 20:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Transportasi darat menjadi elemen penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara nasional. Tak heran Pemerintah RI gencar dalam membangun infrastruktur jalan, sekaligus menjembatani peralihan transportasi darat dari bahan bakar fosil ke tenaga listrik.

Luhut Binsar Panjaitan, sebagai Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) , mengatakan transportasi darat bahkan memberikan kontribusi yang signifikan dalam perekonomian nasional.

Maka dari itu, Pemerintah RI berkomitmen untuk membangun infrastruktur transportasi darat yang baik. Tidak hanya di pulau Jawa, tapi juga seluruh Indonesia.

“Seperti di jalan tol Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, dan Bali, maupun rencana pengembangan jaringan kereta api di Kalimantan, Sulawesi, dan Bali,” ujar Luhut, dalam webinar yang dihelat Kementerian Perhubungan, Rabu (19/8/2020).

Luhut juga mengatakan, bertambahnya infrastruktur di sejumlah daerah turut meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Dari studi yang dilakukan oleh LPEM Fakultas Ekonomi UI, menyatakan bahwa kenaikan jalan sebesar 1 persen akan menaikkan ekonomi sebesar 8,8 persen,” ucap Luhut.

“Karenanya pemerintah Indonesia memandang sangat penting membangun infrastruktur jalan, baik dalam bentuk investasi pemerintah maupun investasi swasta, dalam proyek kerja sama pemerintah dan badan usaha,” tutur Luhut.

Di samping mengembangkan infrastruktur yang lebih merata, Pemerintah RI disebut tengah mendorong transformasi ekonomi menuju sektor manufaktur dan jasa. Diantaranya dengan mengembangkan kendaraan lintas berbasis baterai.

“Kendaraan lintas berbasis baterai, diharapkan tidak hanya mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil, tetapi juga mengurangi dampak buruk pada lingkungan dari pencemaran yang ditimbulkan kendaraan berbasis fossil fuel,” kata Luhut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Luhut Sebut Transportasi Darat Jadi Kunci Pertumbuhan Ekonomi", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/19/184100215/luhut-sebut-transportasi-darat-jadi-kunci-pertumbuhan-ekonomi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm