Ilustrasi
Ilustrasi ( masyakub.com)

Agar Dapat Banyak Daging, Berikut 6 Langkah Cara Makan Kepiting

22 Agustus 2020 15:01 WIB

SonoraBangka.id - Ketidaktahuan cara membuka cangkang kepiting yang keras menjadi alasan utama yang dialami bagi para pemula yang baru mencoba makan kepiting. Harga yang cukup mahal serta rasa yang enak akan sedikit mengecewakan jika daging kepiting tidak bisa dinikmati secara keseluruhan. Alhasil banyak daging kepiting yang tersembunyi jadi terbuang sia-sia. Dilansir dari The Spruce Eats, berikut ini cara memakan kepiting, supaya kamu bisa dapat banyak daging kepiting.

1. Mulailah dengan memasak dan membersihkan kepiting.

Membersihkan dan memasak kepiting adalah proses yang cukup mudah dilakukan, tetapi kamu juga dapat membeli jenis kepiting yang sudah dimasak dan dibersihkan. Cara memasak kepiting yang paling mudah adalah dengan merebus atau mengukusnya. Memasaknya dengan aneka saus juga akan menambah kenikmatan hidangan kepiting.

2. Belah kepiting menjadi dua bagian

Beberapa varietas kepiting bisa dipatahkan dengan tangan, tetapi jika cangkangnya lebih keras gunakan pisau yang berat. Untuk yang berukuran besar, pada saat mulai menyantapnya, kamu bisa membelah kepiting menjadi dua bagian atau seperempat bagian.

3. Pisahkan kaki kepiting dari tubuhnya

Kamu bisa memisahkan kaki kepiting dengan melakukan gerakan memutar dan tarikan yang sederhana dan kaki kepiting akan mudah lepas dari tubuhnya. Namun, untuk kepiting yang lebih besar mungkin membutuhkan pemecah kacang untuk memudahkan pemisahan.

4. Pecahkan capit

Sebenarnya potongan daging termanis  berada di capit dan lebih enak untuk langsung dinikmati Namun beberapa orang suka menyantap kepiting mulai dari daging bagian tubuhnya. Capit kepiting yang lebih kecil perlu dipecahkan karena cangkang pada capit lebih tebal dari pada kaki lainnya. Pemecah lobster adalah pilihan alat yang bisa digunakan untuk melepas cangkang capit. Pukul capit dengan lunak, cukup sampai cangkang capit retak dan bisa dilepas. Jika capit dipukul terlalu keras, akan membuat terlalu banyak serpihan pecahan cangkang yang bisa ikut termakan dengan daging kepiting. Lalu gunakan garpu kecil khusus untuk kepiting (tusuk sate dan sumpit juga bisa digunakan) untuk mengeluarkan daging dari capit yang retak. Setelah itu, kamu dapat menggunakan penjepit runcing untuk mengambil daging dari sisa kepiting.

5. Pecahkan kaki kepiting

Terdapat daging yang manis dan lembut di dalam sepotong kaki kepiting, jadi sayang jika dilewatkan. Daging yang tersembunyi di dalam cangkang kaki kepiting bisa kamu nikmati dengan cara memecahkannya kaki kepiting seperti halnya capit. Namun banyak kepiting yang memiliki cangkang cukup lembut, kamu bisa membukanya dengan gunting dapur.

6. Pilih daging tubuh

Secara umum daging tubuh tidak selembut atau semanis daging capit dan kaki, tetapi masih tetap enak untuk dinikmati. Terutama karena daging bagian tubuh cukup mudah untuk dikeluarkan. Cukup gunakan garpu kecil dan jepit untuk mengeluarkan daging. Beberapa kepiting seperti kepiting biru dan kepiting batu, tidak memiliki banyak daging di tubuhnya. Kepiting yang lebih besar akan memiliki jumlah yang cukup banyak.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Langkah Makan Kepiting, Biar Dapat Banyak Daging", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/21/192800375/6-langkah-makan-kepiting-biar-dapat-banyak-daging?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm