Ilustrasi mesin overheat (SHUTTERSTOCK)
Ilustrasi mesin overheat (SHUTTERSTOCK) ( kompas.com)

Masalah Mesin Mobil Overheat, Diantaranya Karena Tutup Radiator

23 Agustus 2020 17:33 WIB

SONORABANGKA.ID - Mengadakan perjalanan jarak jauh menggunakan mobil banyak dilakukan oleh masyarakat di momen libur panjang ini.

Selain pulang ke kampung halaman, berkunjung ke tempat wisata di tengah pandemi Covid-19 masih menjadi pilihan banyak orang.

Sebelum melakukan perjalanan, tentunya ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Mulai bekal hingga kesehatan kendaraan yang akan digunakan untuk menempuh perjalanan.

Kesehatan kendaraan tidak hanya bagian mesinnya, tetapi juga komponen lain seperti radiator.

Komponen pendingin mesin ini mempunyai peran yang sangat vital pada mobil untuk menjaga kondisi mesin tetap stabil.

Kalau kondisinya bermasalah, efeknya akan sangat banyak bahkan bisa menyebabkan terjadinya kebakaran.

Didi Ahadi, sebagai Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor ( TAM)  menjelaskan, naiknya indikator suhu mesin menandakan adanya malfungsi pada sistem pendinginan.

Untuk kondisi ini ada beberapa kemungkinan bisa saja terjadi hingga menyebabkan panas mesin meningkat.

“Seperti ada bagian radiator yang bocor atau ada yang tersumbat. Mungkin juga penyebab lainnya karena permasalahan pada tutup radiator,” ujar Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Ketika mengalami hal ini, Didi menyarankan, sebaiknya pengemudi segera menepikan mobil dan menunggu sampai suhu mesin kembali normal atau turun.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm