Ilustrasi AC mobil (djedzura)
Ilustrasi AC mobil (djedzura) ( kompas.com)

Fakta atau Mitos, Apakah Bahaya Langsung Nyalakan AC Pada Saat Masuk Mobil?

23 Agustus 2020 18:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Seringkali kita mendengar anggapan yang beredar soal bahaya kesehatan menyalakan pendingin udara (AC) ketika masuk mobil, khususnya saat kabin panas, bisa dipastikan tidak benar.

Memang sebelumnya ada kabar yang beredar, jika komponen di dalam mobil yang berbahan karet dan plastik itu bisa mengalami reaksi kimia saat terpapar sinar matahari.

Mengerikannya, hal itu dinilai bisa menjadi salah satu penyebab penyakit kanker.

Terkait hal ini, Anjar Rosjadi, sebagai Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), menampik hal tersebut. Bahkan, dirinya menyebut tidak ada informasi valid yang dia terima terkait fenomena itu.

“Saya tidak ada referensi ataupun studi terkait hal tersebut. Sejauh ini belum ada informasi akan adanya gangguan kesehatan, yang diakibatkan langsung menyalakan AC saat masuk kabin mobil, terutama saat panas,” ujar Anjar saat dihubungi Kompas.com.

Anjar menambahkan, etika ketika masuk ke dalam mobil, memang sebaiknya pada saat bersamaan juga membuka jendela sehingga ada pertukaran udara.

“Buka jendela agar terjadi sirkulasi udara panas yang terjebak bisa keluar. Tidak masalah menyalakan AC saat yang bersamaan,” kata Anjar.

Sementara itu, Daniel Bramantyo, sebagai dokter rumah sakit Pertamina Bina Medika, mengatakan, ruang kabin di mobil sebaiknya memang mendapatkan sirkulasi udara yang cukup sebelum digunakan.

Lagi pula kalau dibiarkan dalam waktu yang lama, karena bisa menimbulkan toksin atau zat lain yang sifatnya buruk untuk kesehatan.

“Bila tertutup semalaman atau lebih, saat akan digunakan baiknya tidak langsung nyalakan AC, tetapi berikan waktu agar terjadi pertukaran udara dengan membuka pintu atau jendela mobil beberapa saat. Namun, jika hanya ditinggal sebentar boleh nyalakan AC bersamaan dengan membuka kaca mobil” ucap Daniel kepada Kompas.com, Sabtu (22/8/2020)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, Berbahayakah Langsung Nyalakan AC Saat Masuk Mobil?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/23/100100815/mitos-atau-fakta-berbahayakah-langsung-nyalakan-ac-saat-masuk-mobil-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm