Pesawat Batik Air tengah parkir di Bandara Soekarno Hatta
Pesawat Batik Air tengah parkir di Bandara Soekarno Hatta ( Kompas TV / Abdur Rahim)

6 Penumpang Batik Air Positif Covid-19, Penerbangannya ke Pontianak Dihentikan Sementara

24 Agustus 2020 10:36 WIB

SonoraBangka.ID - Penumpang pesawat terkonfirmasi positif Covid-19 kembali ditemukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat.

Kali ini penumpang yang ditemukan positif Covid-19 yaitu sebanyak enam penumpang pesawat Batik Air dari Jakarta ke Pontianak.

Pasca ditemukannya enam penumpang pesawat yang dinyatakan positif Covid-19, untuk sementara penerbangan Batik Air dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang tujuan Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak dihentikan hingga 14 hari.

Dilansir dari kompas.tv, sebelumnya diberitakan sebanyak enam penumpang pesawat Batik Air pada tanggal 15 Agustus lalu terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan tes swab 30 penumpang yang dilakukan di Bandara Supadio.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar Harisson, Minggu (23/8/2020).

“Untuk penumpang Batik Air pada 15 Agustus kita melaksanakan uji swab. Ada 30 orang penumpang dari Jakarta-Pontianak. Dan ternyata ada 6 terkonfirmasi kasus Covid-19. Jadi sebenarnya di penerbangan itu banyak kasus konfirmasi yang lolos dan ini membahayakan masyarakat Kalimantan Barat, karena kasus di luar Kalbar biasanya lebih ganas,” tutur Harisson.

Lolosnya pemantauan kesehatan para penumpang ini diduga karena faktor alat hingga dugaan surat keterangan yang tidak valid.

“Bisa saja rapid test-nya tidak menunjukkan kualitas yang baik atau rapid testnya abal-abal, jadi dapat suratnya tapi ternyata tidak di-rapid,” ujarnya.

Dengan adanya kasus ini, Pemerintah Provinsi Kalbar akan terus melakukan pemeriksaan swab di bandara.

Bahkan Senin depan direncanakan penumpang pesawat tujuan Kalbar wajib mengantongi surat negatif tes PCR.

“Kita akan terus melaksanakan pemeriksaan swab di bandara, tetapi mungkin Senin akan ada peraturan gubernur tentang penegakan disiplin protokol kesehatan. Jadi harus melampirkan surat PCR-nya negatif,” pungkas Harrison.

Artikel ini telah tayang di Kompas.tv dengan judul 6 Penumpangnya Positif Corona, Penerbangan Batik Air ke Pontianak Dihentikan

SumberKompas.tv
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm