( Ist / Diskominfo Babel)

Pemprov Babel Dukung Pembangunan Terminal Khusus di Pantai Tanjung Kalian

24 Agustus 2020 20:19 WIB

SonoraBangka.id - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman pimpin rapat teknis pembahasan rencana pembangunan terminal khusus PT Bangka Indah Cemerlang yang berlangsung di area Pantai Tanjung Kalian Muntok, Senin (24/8/20).

Gubernur Erzaldi dan rombongan meninjau langsung kondisi lahan yang akan dibangun baik dari pihak PLN, maupun pada pihak perusahaan yang bergerak di bidang minyak sawit.

Gubernur Erzaldi Rosman dalam arahannya mengatakan, bahwa Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung bersama forkopimda memfasilitasi pembangunan penyambungan kabel bawah laut PLN dari Sumatera ke Pulau Bangka berkekuatan 250 megawatt.

Menurut Gubernur Erzaldi, terjadi tumpang tindih perizinan antara PLN dan PT. Bangka Indah Cermerlang (BIC) yang akan membangun dermaga untuk CPO.

Kedua proyek ini menurutnya sama-sama strategis sehingga permasalahan yang terjadi harus diselesaikan sebagai mana mestinya, sehingga satu sama lain dapat berjalan saling menguntungkan.

"Kami mencoba di sini untuk menyelesaikan dan kami jelaskan. Jadi pembangunan dermaga BIC kita teruskan, dan bergeser kalau tadinya hanya kurang lebih 250 meter. InsyaAllah akan dikembangkan seluas satu km. Solusinya, PLN tidak membelah lahan milik BIC, BIC mengeser dermaga, dan Pemprov. Babel memberikan izin untuk ruang bawah lautnya," ungkapnya.

Rapat tersebut akan berlanjut untuk melengkapi kelengkapan data sehingga dapat dijelaskan di kementerian agar permasalahan ini dapat terselesaikan.

Pemprov. Babel sangat mendukung bagi investor yang sungguh-sungguh ingin membangun untuk Babel, karena hal tersebut akan meningkatkan pendapatan daerah, sekaligus membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat.

Gubernur Erzaldi berharap, apabila perusahaan PT Bangka Indah Cemerlang nanti melakukan ekspor CPO dari Muntok, akan dapat menambah nilai ekspor Babel yang berdampak pada kapasitas fiskal Babel lebih kuat.

"Itulah sebabnya saya perintahkan kepada pengusaha yang mau ekspor komoditi harus dari Babel, biar fiskal kita naik, lapangan pekerjaan bertambah," ujarnya.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm