( Kompas.com)

Stop Berolahraga Saat Terinfeksi Covid-19, Mengapa ? Ini Alasannya

28 Agustus 2020 09:59 WIB

SonoraBangka.id - Kita  sering kali mendengar bahwa sebagai bagian dari usaha mencapai pemulihan dari Covid-19 disarankan untuk melakukan aktivitas olahraga setiap pagi.

Namun ternyata, sebuah penelitian terbaru justru menunjukkan, pengidap Covid-19 dan olahraga merupakan kombinasi yang tidak pas, dan bisa berbahaya.

Seperti yang dipublikasikan di JAMA Cardiology dalam hasil penelitian terbaru disebutkan, peneliti Jerman menemukan, olahraga justru dapat menempatkan si penderita dalam bahaya nyata.

Hal tersebut dikarena bisa berpotensi menyebabkan masalah jantung yang serius,m seperti yang tertuang dalam laporannya.

Penelitian tersebut menunjukkan berolahraga sambil melawan virus corona yang menjangkit di dalam tubuh dapat memperburuk keadaan, dan menyebabkan miokarditis pada beberapa pasien.

Miokarditi adalah seradangan pada lapisan tengah dinding jantung yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus.

Kondisi ini dapat melemahkan jantung hingga menyebabkan gagal jantung, detak jantung abnormal, dan bahkan kematian mendadak, jika sudah dalam kondisi kronis.

Seorang pria asal Georgia, Amerika Serikat, Trey Richardson, membenarkan pendapat itu, berdasarkan pengalaman yang dia alami.

Diceritakan, pria 48 tahun ini sebelumnya adalah pesepeda kompetitif, yang masih sering melakukan latihan ringan.

Hingga pada suatu ketika, bentuk latihan ringan yang biasa dilakukannya pun terasa berat untuk dijalani.

Kemudian, dia memutuskan untuk melakukan pemeriksaan dan terbukti terinfeksi virus corona.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm