vulkanisir ban (transportasi.co)
vulkanisir ban (transportasi.co) ( kompas.com)

Ketahui Ban Vulkanisir Dengan Ban Suntikan Beda

28 Agustus 2020 18:14 WIB

SONORABANGKA.ID - Sekarang ini praktik melakukan vulkanisir dan suntik sudah menjamur di kalangan penjual ban, terutama ban bekas. Fenomena itu terjadi seiring dengan meningkatnya permintaan, sehingga mendorong para pedagang untuk melakukan hal tersebut.

Perlu diketahui bahwa ban vulkanisir dengan suntikan berbeda. Secara pengertian, menurut Zulpata Zainal, dari On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, vulkanisir sama juga menganti telapak ban dengan yang benar-benar baru.

Dalam industri ban, vulkanisir sudah diakui atau sah karena dilakukan oleh pabrikan itu sendiri.

“Sementara, suntikan merupakan ban yang sudah hampir habis kedalaman telapak ban, kemudian diukir bagian telapaknya dengan pisau khusus dengan harapan kembang ban bertambah tingginya,” ujar Zulpata saat dihubungi Kompas.com, Rabu (26/8/2020).

Secara kualitas, vulkanisir pun tidak seperti ban normal, atau secara kemampuan hanya 60-70 persen dari ban biasa. Jenis itu dibuat juga karena untuk menekan biaya kepada para pelaku usaha.

Tapi, Zulpata menegaskan, untuk penggunaan ban suntikan sangat tidak disarankan. Karena, praktiknya curang dengan cara mengukir kembali karet sampai membentuk kembangan atau ulir seperti ban baru.

“Jelas itu sangat berbahaya, karena ban untuk mobil pribadi sendiri ada aturan dan batasannya. Kalau sampai diukir lagi akan membahayakan buat konsumen,” tutur Zulpata.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pahami Perbedaan Ban Vulkanisir dan Suntikan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/26/192100315/pahami-perbedaan-ban-vulkanisir-dan-suntikan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm