Ilustrasi Telur Asin
Ilustrasi Telur Asin ( tirto.id)

Tak Perlu Bubuk Abu Dan Batu Bata, Berikut Cara Membuat Telur Asin

30 Agustus 2020 11:04 WIB

SonoraBangka.id - Ternyata membuat telur asin bisa dilakukan sendiri di rumah. Hanya memerlukan campuran air dan garam saja, kamu tak perlu menggunakan bubuk abu atau bubuk batu bata merah untuk membuatnya. Seperti yang dicontohkan oleh akun YouTube Zasanah San. Dalam video berdurasi kurang lebih 7 menit, Zasanah mencontohkan cara membuat telur asin ala rumahan yang bisa jadi ide berjualan.

Berikut bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat telur asin ala Zasanah San.

  • 2 liter air
  • 500 gram garam kasar
  • 17 butir telur bebek

Cara membuat telur asin ala rumahan

  1. Pertama, siapkan semua bahan. Rebus air dalam wajan, lalu masukkan garam kasar. Rebus garam hingga mendidih dan larut.
  2. Setelah mendidih dan larut, matikan kompor lalu biarkan air garam dingin.
  3. Letakkan telur bebek baru yang sudah dibersihkan ke dalam toples. Tindih dengan plastik berisi air agar telur tidak mengambang.
  4. Tuang air garam ke dalam toples berisi telur. Tutup toples, lalu biarkan selama 12 hari.
  5. Setelah 12 hari ambil telur bebek. Rebus dalam panci bersama air garam yang digunakan untuk merendam. Rebus selama satu jam.
  6. Setelah satu jam dan air menyusut, angkat telur asin dan tiriskan.
  7. Telur asin ala rumahan pun siap disajikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Cara Membuat Telur Asin Tanpa Bubuk Abu dan Batu Bata", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/29/180800975/cara-membuat-telur-asin-tanpa-bubuk-abu-dan-batu-bata.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm