Ban motor matik terdapat angka-angka yang menjelaskan mengenai ukuran hingga kekuatan untuk memikul beban. Selain itu, angka tersebut juga menunjukkan kecepatan maksimal yang diperbolehkan. (ilustrasi)
Ban motor matik terdapat angka-angka yang menjelaskan mengenai ukuran hingga kekuatan untuk memikul beban. Selain itu, angka tersebut juga menunjukkan kecepatan maksimal yang diperbolehkan. (ilustrasi) ( kompas.com)

Apakah Ada Masa Kedaluwarsa Ban Sepeda Motor ?

30 Agustus 2020 18:04 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ban sepeda motor merupakan komponen penting yang ada pada kendaraan. Agar mendapatkan performa terbaik, ban sebaiknya dirawat.

Selain itu, ada juga pemilik kendaraan yang lama menyimpan motornya di dalam ruangan, bisa untuk koleksi maupun sebagai investasi. Lalu bagaimana dengan kondisi bannya? Apakah ban memiliki kedaluwarsa?

Dodiyanto sebagai Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk.,  mengatakan, berbeda dengan makanan, ban tidak ada kedaluwarsanya, melainkan tertera serial number pada bagian dinding ban.

“Contoh serial number 0220, artinya ban tersebut diproduksi pada minggu ke-2 tahun 2020. Enggak ada tertera misalkan expired date Nov2020,” ucap Dodiyanto kepada Kompas.com, Jumat (28/8/2020).

Selanjutnya, layak atau tidaknya ban untuk dipakai, dipengaruhi oleh berbagai faktor, yaitu penyimpanan, pemakaian dan lain sebagainya. Contohnya ban yang disimpan terkena matahari langsung atau tidak, akan beda kondisinya.

“Jika motor disimpan dengan baik, ban masih bisa digunakan selama kondisinya layak, tidak ada retak-retak dan indikasi pengerasan,” kata Dodiyanto.

Indikasi pengerasan pada ban bisa dirasakan pada compound yang keras saat ditekan dengan tangan. Bisa terjadi penurunan performa pada ban yang disimpan lama, seperti pengereman yang tidak maksimal dan terasa keras.

“Kalau orang yang biasa naik motor sih akan ngerasain bannya masih enak atau enggak,” kata dia.

Selain itu, kalau berencana untuk menyimpan motor dalam waktu yang lama, usahakan ban jangan kempis dan bersentuhan langsung ke lantai. Hal ini disebabkan ban menahan beban motor, jika dalam kondisi kempis, ban bisa retak-retak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apakah Ban Sepeda Motor Ada Masa Kedaluwarsa?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/29/124100215/apakah-ban-sepeda-motor-ada-masa-kedaluwarsa-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm