Ilustrasi
Ilustrasi ( iStockphoto )

Benarkah Stress Bisa Diatasi Dengan Melihat Tanaman Di Meja Kerja ?

5 September 2020 06:51 WIB

SonoraBangka.id - Bagi kebanyakan orang, tanaman punya kesan tersendiri untuk menambah semangat beraktifitas.

Sebuah studi terbaru di Jepang menunjukkan bahwa memelihara tanaman juga bisa meningkatkan kesehatan mental kita di tempat kerja.

Sementara itu, cara murah untuk mencerahkan dekorasi ruang kantor, salah satunya adalah meletakkan tanaman di dalam ruangan seperti meja kerja.

Orang-orang yang meletakkan tanaman kecil di meja kerja mereka mempunyai tingkat kecemasan dan stres yang lebih rendah pada akhir periode empat minggu durasi penelitian.

Dalam studi ini, peneliti memberi instruksi pada 63 partisipan yang bekerja penuh waktu untuk beristirahat selama tiga menit ketika mereka merasa lelah.

Masa istirahat itu lalu dipakai untuk merawat, menyirami, dan menatap tanaman meja.

Tanaman yang paling populer dipilih kokedamas Jepang dan sukulen.

Selama empat minggu, para peserta dicatat denyut nadi mereka (indikator yang baik untuk respon stres tubuh) sebelum dan sesudah melihat tanaman dan mengisi survei yang mengukur tingkat psikologis dan tingkat kecemasan mereka.

Sekitar 27 persen peserta mengalami penurunan signifikan dalam denyut mereka pada akhir periode perawatan tanaman, dan sebagian besar skor kecemasan peserta juga menurun.

Lalu, apa yang membuat tanaman di meja kerja sangat membantu?

Nah, ternyata menurut penulis studi, melihat tanaman bisa menghadirkan distraksi yang sehat dan restoratif dari tumpukan tugas di kantor.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm