M Hermansyah Putra korban yang hilang di Gunung Maras ditemukan Tim SAR Gabungan saat mendaki Gunung Maras, Riausilip, Bangka, Senin (7/9/2020).
M Hermansyah Putra korban yang hilang di Gunung Maras ditemukan Tim SAR Gabungan saat mendaki Gunung Maras, Riausilip, Bangka, Senin (7/9/2020). ( Ist/ Basarnas Babel)

Pendaki Bukit Maras Yang Hilang Sudah Ditemukan oleh Tim SAR Gabungan

7 September 2020 14:12 WIB

SonoraBangka.ID - Seorang pendaki Bukit Maras, Riau silip, Bangka,  M Hermansyah Putra yang sempat dikabarkan hilang akhirnya berhasil ditemukan oleh Tim SAR Gabungan, Senin (7/9/2020).

Hermansyah ditemukan oleh Tim SAR Gabungan dalam kondisi selamat di titik 25 Km dari titik awal diduga hilang dan tersesat.

Berdasarkan informasi, Hermansyah mendaki Bukit Maras setelah salat dzuhur bersama teman-temannya, pada Minggu (6/9/2020).

Tak lama setelah memulai pendakian, ketika sampai di air terjun pertama korban tertinggal oleh ketiga rekannya Sarefi, Satria dan Rusban.

 

Ia salah mengambil jalur hingga tersesat jauh dari tempat tujuan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkalpinang (Basarnas Babel) Fazzli menuturkan pencarian terhadap korban hilang terbagi atas tiga tim.

Sebelum melakukan pencarian Tim SAR Gabungan pada Senin  (7/9/2020) berkordinasi dengan warga setempat instansi terkait dan pemangku adat daerah di sana, sekitar pukul 06:00 WIB.

Pencarian terhadap korban dilakukan Tim SAR Gabungan dengan melakukan tekhnik confinement mode yakni tekhnik pencarian secara cepat oleh tim satu.

Kemudian tim kedua melakukan pencarian dengan teknik detection mode yaitu pencarian penyapuan secara pararel berdasarkan tanda atau ceceran barang.

"Tidak lama pencarian yg dilakukan korban akhirnya ditemukan oleh tim tiga di jalur setapak menuju puncak bukit lain, pada ketinggian 400 mdpl dimana korban sedang berusaha untuk mencari jalan menuruni gunung maras menuju ke perkampungan terdekat," terang Fazzli

Dengan ditemukannya korban tersebut Operasi SAR terhadap Hermansyah ditutup dan para tim yang tergabung di Tim SAR Gabungan di kembalikan ke satuannya masing - masing.

"Banyak - banyak terima kasih atas bantuan para potensi SAR yang ikut dalam operasi SAR ini," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul BREAKING NEWS: Pendaki Gunung Maras Ditemukan Pada Ketinggian 400 Mdpl

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm