Ilustrasi blender untuk memproses makanan cair dan kental.
Ilustrasi blender untuk memproses makanan cair dan kental. ( PEXELS/CHAIT GOLI)

Perbedaan Fungsi Blender Dan Food Processor Yang Harus Diketahui

8 September 2020 14:39 WIB

SonoraBangka.id - Food processor dan blender adalah alat yang dipakai untuk menghaluskan bahan makanan. Kedua alat  ini merupakan mesin bermotor yang dilengkapi pisau dan wadah seperti mangkuk atau stoples. Namun, terdapat perbedaan antara food processor dan blender. Salah satu perbedaan yang paling terlihat antara blender dan food processor adalah bentuknya. Namun, lebih detail lagi perbedaannya pada cara kerja dan fungsinya. Melansir Washingtonpost.com, food processor lebih multifungsi daripada blender.

Food processor kecepatannya lebih lambat maka membantu memberi lebih banyak kontrol dalam membuat tekstur makanan dari cincang kasar hingga bertekstur bubur. Food processor memiliki varian kecepatan yang lebih lambat dari blender dan ada banyak macam pisau tergantung fungsinya seperti untuk mengiris, memarut, membuat adonan, dan lainnya. Dikutip dari Foodnetwork.com, berikut ini perbedaan fungsi blender dan food processor sesuai kebutuhan

Blender untuk bahan makanan cair dan kental

Biasanya blender membutuhkan sedikit cairan untuk bekerja. Selain itu blender berguna menghaluskan bahan menjadi cairan yang lembut, seperti sup atau smoothie. Blender juga bisa untuk mencampur cairan dan pengemulsi, seperti pada saus salad dan saus biasa. Penggunaan bisa untuk menghancurkan es seperti untuk slushie, bahkan bisa untuk menghaluskan merica atau biji kopi. Jika ingin menggunakan blender untuk cairan panas harus lebih hati-hati. Uap dari cairan panas bisa menyebabkan tekanan besar dan bisa membuka tutupnya dan mencipratkan cairan mendidih kemana-mana. Menghindari kecelakaan seperti demikian, lepaskan bagian tengah tutup blender, tutupi dengan handuk dapur bersih dan mulai dengan kecepatan rendah lalu perlahan bisa ke kecepatan tinggi. Jika memiliki blender berkecepatan tinggi, periksa petunjuk produsen untuk mencampur cairan panas. Beberapa produk bisa digunakan untuk cairan panas tapi ada juga yang tidak. Selain itu blender juga bisa untuk mencampurkan bahan cair. Adonan seperti pancake, cheese cake, atau kue. Pastikan untuk tidak mengaduknya berlebihan.

Food processor untuk bahan makan kental hingga padat

Food processor merupakan alat serbaguna, terutama jika ada macam-macam mata pisau yang disediakan. Misal seperti pisau S untuk memecah kacang dan biji, untuk memotong dan mencampurkan bumbu, keju, kacang-kacangan dan minyak menjadi pesto, untuk mencampur kacang menjadi hummus atau saus celup lainnya. Food processor juga bisa digunakaan untuk membuat puree meski bisa juga pada blender. Alat ini juga bisa untuk menguleni adonan di dalam food processor dengan menggunakan bilah S untuk mencampurkan adonan kue atau pai. Selain itu alat ini juga bisa untuk mengocok krim. Food processor juga bisa untuk mengancurkan bahan makanan keras seperti wortel, macam labu dan keju secara cepat. Jika disediakan pisau pengiris, food processor bisa bekerja seperti mandoline slicer juga. Pisau S sendiri untuk memotong kacang dan biji-bijian atau untuk memotong bawang dengan cepat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Beda Fungsi Food Processor dan Blender, Perhatikan Sebelum Pakai", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/07/200800775/beda-fungsi-food-processor-dan-blender-perhatikan-sebelum-pakai?page=all#page2.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm