Pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama
Pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama ( Dok. Kompas)

Profil Jakob Oetama, Salah Satu Tokoh Pendiri Kompas Gramedia

9 September 2020 15:12 WIB

SonoraBangka.ID - Kabar tentang wafatnya Jakob Oetama yang merupakan salah satu Pendiri Kompas Gramedia, tentu menyisakan duka yang mendalam bagi keluarga, insan pers maupun segenap karyawan dibawah naungan Kompas Gramedia.

Jakob Oetama meninggal dunia di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta usai menerima perawatan.

Berdasarkan informasi, Jenazah Jakob Oetama akan disemayamkan di Gedung Kompas Gramedia, Jakarta dan rencananya akan dimakamkan Kamis (10/9/2020) besok di Makam Taman Pahlawan, Kalibata.

Tokoh Pers Indonesia yang akrab disapa Pak JO ini telah meninggalkan berbagai prestasi dan nilai-nilai yang tinggi untuk keluarga dan bangsa Indonesia.

Berikut profil singkat Jakob Oetama

Jakob Oetama adalah seorang pria yang lahir di Desa Jowahan (tak jauh dari Candi Borobudur) Magelang, Jawa tengah  27 September 1931.

Awalnya Jakob bercita-cita menjadi pastor dan sempat mengawali karirnya sebagai seorang guru hingga akhirnya menjadi salah satu pendiri surat kabar Kompas.

Pendiri Kompas Gramedia ini merupakan putra pertama dari 13 bersaudara.

Ayahnya bernama Raymundus Josef Sandiyo Brotosoesiswo seorang pensiunan guru Sekolah Rakyat di Sleman, Yogyakarta dan ibunya bernama Margaretha Kartonah.

Begitu lulus dari SMA Seminari di Yogyakarta, Jakob sempat berprofesi sebagai guru SMP di dua sekolah yaitu SMP Mardiyuwana (Cipanas, Jawa Barat) dan SMP Van Lith di Jakarta.

Sembari mengajar siswa/I SMP, ia melanjutkan studinya pada tingkat tinggi.

Selanjutnya, pada tahun 1955, sebelum mengambil pendidikan Ilmu Sejarah di sekolah Guru, Jakarta, Jakob sempat bekerja sebagai redaktur Mingguan Penabur Jakarta.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm