KOREAN BBQ BEEF RIBS dari NOVOTEL Jakarta Mangga Dua Square
KOREAN BBQ BEEF RIBS dari NOVOTEL Jakarta Mangga Dua Square ( dok. NOVOTEL Jakarta Mangga Dua Square )

Cara membuat Korean BBQ Ribs , Sajian Kulineran Ala Drama Korea

12 September 2020 12:31 WIB

SonoraBangka.id - Pada pekan ini #MasakdiRumahAja menampilkan resep Korean BBQ Ribs. Untuk kamu yang doyan makanan Korea, bisa merapat sebentar dan catat resep dari Korean BBQ Ribs Kompas.com Travel bersama Executive Chef Novotel and ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square Adhi Firdaus yang  telah menampilkan demo masak melalui Live Instagram @kompas.travel.

Cara membuat Korean BBQ Ribs tak begitu rumit, tetapi kamu harus meluangkan waktu lebih banyak untuk membuat sajian ini.

Sebab waktu yang dibutuhkan bisa lebih dari 1 jam. Bahan yang digunakan cukup sederhana, ada iga sapi, soy sauce, bawang putih dan lain-lain

“Galbi biasanya pakai short ribs tapi kali ini pakai iga sapi yang biasa, biar iga dagingnya besar,” papar Executive Chef Novotel and ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square Adhi Firdaus.

Berikut resep dari Korean BBQ Ribs ala Executive Chef Novotel and ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square Adhi Firdaus :

Resep Korean BBQ Ribs

Bahan :

  • 165 ml soy sauce
  • 165 ml air
  • 3 sdm cuka putih
  • 70 ml gula merah tua  
  • 2 sdm gula pasir
  • 14 gr lada hitam
  • 28 gr minyak wijen
  • 20 gr bawang putih cincang
  • 60 gr bawang bombay besar, cincang
  • 1,3 kg iga sapi dipotong 10 cm

Cara membuat Korean BBQ Ribs :

  1. Pertama rebus iga sapi terlebih dahulu selamam 5 menit untuk menghilangkan kotoran, lalu saring dan cuci dengan air mengalir. Bisa juga menggunakan air garam, atau dengan air sudah cukup. Tips agar iga menjadi empuk adalah dengan direbus lebih lama dan pancinya ditutup. Bisa juga gunakan alat presto.
  2. Lalu siapkan wadah dan campurkan semua bahan lainnya. Campurkan soy sauce, cuka, gula pasir, minyak wijen, bawang putih, bawang bombay, dan bahan-bahan lainnya. Jika semua bahan sudah tercampur bisa ditambahkan air dan aduk sampai gula larut.
  3. Kemudian masak bumbu dengan api sedang, lalu masukkan iga dan diungkep selama 1 hingga 2  jam. Iga yang diungkep bersama bahan-bahan seperti soy sauce, vinegar dan lain-lain juga bisa menghilangkan bau amis iga sapi.
  4. Api yang digunakan adalah api sedang agar iga matang merata, kalau menggunakan api besar maka iga tidak matang merata dan tidak bisa menjadi empuk.
  5. Jika sudah diungkep selama 1 hingga 2 jam, maka iga bisa langsung dibakar bersama sisa bumbu ungkepan.
  6. Kalau tak ada bakaran, bisa menggunakan pan atau teflon. Namun tanpa mengguanakan minyak. Hal ini bertujuan agar iga bisa ada tekstur terbakarnya dan berubah warna. Bakar iga di atas teflon samapai bumbu terkaramelisasi.
  7. Sajikan bersama kimchi dan tak lupa dengan nasi putih. Agar rasa dari iga bakar lebih kaya rasa bisa tambahkan taburan wijen dan irisan daun bawang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Korean BBQ Ribs, Kulineran ala Drama Korea", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/11/181702875/resep-korean-bbq-ribs-kulineran-ala-drama-korea?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm