Ilustrasi meditasi di kantor
Ilustrasi meditasi di kantor ( StockLib)

Apakah Kamu Termasuk Orang Yang Suka Meditasi ? Ini Manfaatnya

13 September 2020 17:18 WIB

SonoraBangka.id - Suatu proses melatih pikiran agar kita dapat mengendalikan dan membuatnya menjadi lebih fokus bisa dikatakan sebagai meditasi.

Sering dianggap mampu membantu seseorang menghilangkan stres dan memberikan kedamaian pada hati serta pikiran adalah bagian dari meditasi.

Beberapa bentuk meditasi dipercaya dapat meningkatkan citra diri sekaligus membuat hidup pelakunya menjadi lebih positif.

Melakukan meditasi secara rutin dapat menurunkan depresi jangka panjang.

Demikian setidaknya yang disampaikan dalam sebuah studi yang melibatkan 18 sukarelawan.

Manfaat meditasi bagi kesehatan

Di samping beberapa manfaat di atas, meditasi juga dipercaya dapat memberikan keuntungan pada kesehatan seseorang yang rajin melakukan kegiatan ini, baik secara fisik maupun mental.

Berikut adalah manfaat meditasi yang bisa kita dapatkan.

1. Menjaga kesehatan emosi

Manfaat meditasi yang pertama adalah menjaga kesehatan emosi.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang disinggung sebelumnya, yakni melakukan meditasi secara rutin dapat menurunkan depresi jangka panjang.

Selain itu, meditasi juga dapat menciptakan pandangan hidup yang lebih positif, optimis, dan meningkatkan citra diri yang baik.

Hal ini terjadi karena pada saat seseorang melakukan meditasi, zat kimia sitokin dalam tubuh berkurang. Sitokin sendiri merupakan zat kimia peradangan yang dilepaskan oleh tubuh sebagai respons terhadap stres.

2. Menjaga kesehatan tubuh dan membantu menyembuhkan penyakit

Selain menjaga kesehatan emosi, meditasi juga dipercaya dapat membantu seseorang dalam proses penyembuhan penyakit, terutama penyakit yang dapat semakin buruk kondisinya jika dalam kondisi stres.

Beberapa penyakit yang bisa mendapatkan manfaat dari meditasi, di antaranya kanker, asma, gangguan kecemasan, depresi, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, gangguan tidur, sakit kepala tegang, dan sindrom iritasi usus.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm