Ilustrasi bahagia
Ilustrasi bahagia ( evgenyatamanenko )

Hidup Akan Lebih Bermakna Jika Dilengkapi Dengan Kecerdasan Spiritual

16 September 2020 14:09 WIB

 

SonoraBangka.id - Saat ini banyak yang percaya bahwa spiritualitas sebagai salah satu solusi untuk masalah hidup.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mendefinisikan manusia sebagai makhluk psikologis, sosial, dan spiritual.

Kecerdasan spiritual dipercaya oleh kebanyakan psikolog adalah faktor yang berperan penting bagi kesehatan mental seseorang.

Apalagi Di tengah dunia yang makin riuh, spiritualisme mengajak orang untuk kembali mencari keheningan dalam diri dan membawa nilai-nilai yang lebih bermakna.
Apa sebenarnya kecerdasan spiritual atau spiritual intelligence itu?

Apa yang bisa kita lakukan untuk membangunnya?

Kecerdasan spiritual adalah jenis kecerdasan yang erat kaitannya dengan kemampuan spiritual yang membantu seseorang untuk hidup lebih baik.

Memiliki kemampuan ini memungkinkan kita untuk menyatukan spiritualitas, kehidupan batin (inner life), dan kehidupan di luar dirinya (outer life).

Konsep kecerdasan spiritual sebenarnya masih baru.

Oleh karena itu, masih sedikit penelitian empiris yang dilakukan mengenai jenis kecerdasan ini.

Meski begitu, sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Fundamentals of Mental Health menunjukkan bahwa ada keterkaitan antara kecerdasan spiritual dan kehidupan sosial yang lebih baik.

Sementara beberapa studi lain memperlihatkan bahwa ada hubungan positif antara kecerdasan spiritual dengan rasa empati dan kepuasan dalam hidup.

Tak hanya itu, tipe inteligensi ini juga dinilai dapat membantu orang untuk lebih mampu menghadapi pengalaman sulit, seperti rasa duka dan kehilangan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm