Ilustrasi
Ilustrasi ( yukmakan.com)

Sebagai pemanis Untuk Pancake Klasik, Berikut 3 Fakta Sirup Maple

19 September 2020 15:00 WIB

SonoraBangka.id -  Salah satu sirup yang umum kita kenal sebagai untuk siraman pancake adalah sirup maple. Sirup maple ini dibuat oleh penduduk asli Amerika dari daerah timur laut Amerika Serikat (AS) dan Kanada. Melansir Time, sirup maple sudah ada sekitar 300 tahun yang lalu. Konon dahulu sirup maple dibuat sebagai alternatif sumber pemanis yang lebih murah daripada gula. Orang zaman dahulu mengebor lubang kecil di pohon maple untuk mengambil getahnya. Getah direbus dan hasilnya menjadi sirup. Selain itu, melansir Health Line ada fakta-fakta lain tentang sirup maple seperti berikut ini:

1. Hadir dalam tingkat (grade) berbeda

Ada beberapa tingkatan sirup maple berdasarkan karakteristik warna. Sirup maple produksi Amerika Serikat (AS), diklasifikasikan sebagai grade A atau B. Grade A selanjutnya dikategorikan menjadi tiga kelompok yaitu Kuning Muda, Kuning Sedang, dan Kuning Tua. Sementara itu, grade B adalah sirup dengan warna paling gelap. Sirup yang lebih gelap dibuat dari getah yang diekstraksi pada akhir musim panen. Sirup Grade B memiliki rasa maple yang lebih kuat. Umumnya, sirup Grade B digunakan untuk memanggang makanan. Sementara sirup Grade A yang memiliki rasa lebih ringan. Biasanya disiram langsung di atas makanan seperti pancake.

2. Mengandung beberapa vitamin dan mineral tetapi tinggi gula

Sirup maple menyediakan sejumlah mineral yang cukup, terutama mangan dan seng. Secangkir sirup maple murni mengandung kalsium, kalium, besi, seng, dan mangan. Namun perlu diingat bahwa sirup maple juga mengandung banyak gula. Sirup maple mengandung sekitar 2/3 sukrosa atau gula meja setara dengan 60 gram gula dalam 1/3 cangkirnya. Jika dikonsumsi secara berlebihan, gula dapat menjadi penyebab utama beberapa masalah kesehatan terbesar di dunia, termasuk obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung. Sirup maple diyakini sebagai pilihan lebih baik dari gula biasa, tetapi membatasi jumlah konsumsinya sangat dianjurkan.

3. Mengandung antioksidan

Studi menunjukkan bahwa sirup maple adalah sumber antioksidan yang baik. Satu studi menemukan 24 antioksidan berbeda dalam sirup maple. Sirup yang lebih gelap seperti grade B memasok lebih banyak antioksidan bermanfaat daripada sirup yang lebih ringan. Namun kandungan antioksidan totalnya masih rendah dibandingkan gula dalam jumlah besar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Fakta Sirup Maple, Pemanis untuk Pancake Klasik", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/18/091600575/3-fakta-sirup-maple-pemanis-untuk-pancake-klasik?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm