Ilustrasi jamu dalam botol berbentuk unik.
Ilustrasi jamu dalam botol berbentuk unik. ( SHUTTERSTOCK/ODUA IMAGES)

Faktor Yang Harus Diperhatikan Agar Jamu Bisa Diterima Di Pasar China

20 September 2020 15:53 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu yang menjadi kunci penting agar produk jamu bisa diterima pasar China adalah Kemasan yang menarik. Hal itu disampaikan oleh Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok & Mongolia Djauhari Oratmangun. Dalam sesi webinar Jamu Modern Untuk Pasar Indonesia, Asia, Afrika, Timur Tengah & Eropa. Djauhari memberi contoh berupa satu kantung kue bulan isi enam yang dikemas dengan sangat menarik. “Isinya ternyata kue bulan. Kemasannya keren. Jadi enam kue bulan ini bisa dijual dengan harga mahal,” kata Djauhari. Menurut Djauhari, cara mengemas jamu secara kreatif akan membuat jamu mampu bersaing dan diterima oleh pasar China.

Storytelling yang menarik

Storytelling adalah cara produsen menyampaikan kisah di balik produk yang mereka jual dengan cara yang menarik. Selain kemasan, Djauhari juga menyebutkan bahwa storytelling atau penceritaan yang menarik perlu ada pada kemasan jamu nantinya. Storytelling bukan sekadar menyampaikan manfaat dari produk tersebut. Djauhari kembali mencontohkan sebuah produk yang ia miliki. Saat itu ia diberi akar yang katanya ditanam hanya di gunung tertentu saja. “Saya tidak hanya lihat akarnya saja tapi cerita akar tersebut. Bahwa akar ini bisa menyembuhkan itu dibuat menarik. Sehingga yang bacanya percaya. Saya sebenarnya enggak yakin juga akar itu bisa bikin saya sehat.” “Selain packaging yang cocok dengan keinginan mereka (orang-orang China) tapi juga storytelling. Kalau beli produk Tiongkok pasti ada cerita mengenai produk tersebut,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jamu Bisa Diterima Pasar China, Asal Perhatikan 2 Faktor Ini...", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/19/210900075/jamu-bisa-diterima-pasar-china-asal-perhatikan-2-faktor-ini-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm