( Ist / BPBD Babel)

Terjangkit di Pesawat, 7 Warga Pangkalpinang Positif Corona

23 September 2020 08:31 WIB

SonoraBangka.id -- Tujuh warga kota Pangkalpinang, sekembalinya dari Pontianak, Kalimantan Barat, terjangkit Corona virus Disease (Covid-19). Mereka diduga terjangkit saat berdekatan dan satu pesawat dengan pasien yang terkonfirmasi positif sebelumnya.

Baca Juga: Pulang Dari Pontianak Naik Pesawat, Warga Muntok Terpapar Covid-19
"Tujuh orang ini pernah kontak erat dengan I-T, orang yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 dan saat ini masih menjalani isolasi di BKPSDMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, lantaran berada dalam satu pesawat dan duduk berdekatan dengan I-T dalam penerbangan pada 13 September 2020 dari CGK ke PGK, " ungkap juru bicara satgas covid-19 Pusdalops BPBD Babel, Andi Budi Prayitno, dalam rilisnya, Selasa (22/9).

Ketujuh orang ini, adalah R-S, 46 tahun, laki-laki, beralamat di Jalan Patin 9, Ampui, Pangkal Balam, Pangkalpinang; A-A, 40 tahun, laki-laki, beralamat di Jalan Meranti, Bukit Sari, Gerunggang, Pangkalpinang; S-P, 29 tahun, laki-laki, beralamat di Jalan KH Abdullah Addari, Rawa Bangun, Taman Sari, Pangkalpinang; N-I, 37 tahun, laki-laki, beralamat di Jalan Letkol Saleh Ode, Kacang Pedang, Gerunggang, Pangkalpinang; . M-H, 35 tahun, laki-laki, beralamat di Jalan Batin Tikal, Batin Tikal, Taman Sari, Pangkalpinang; A-I, 32 tahun, laki-laki, beralamat di Kp Air Samak, Menjelang, Muntok, Bangka Barat; berdomisili di Jalan Stania, Bukit Baru, Taman Bunga, Gerunggang, Pangkalpinang; R-A, 39 tahun, laki-laki, beralamat di Jalan Hormen Maddati, Gang Binjai, Melintang, Rangkui, Pangkalpinang.

Ia menjelaskan, ketujuh orang tersebut pada 5 September 2020 melakukan perjalanan berangkat dari Pangkalpinang (PGK), Kepulauan Bangka Belitung, tujuan Pontianak (PNK), Kalimantan Barat, dan kembali atau pulang ke Pangkalpinang dari Pontianak pada 13 September 2020 transit _via_ Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng (CGK), Tangerang, Banten.

Dari hasil tes swab PCR pada 21 September 2020 dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19, dan langsung menjalani isolasi dan penanganan di BKPSDMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Selain tujuh orang ini, satu lagi warga kota Pangkalpinang yang terkonfirmasi positif, siswi magang di BPJS Kesehatan Kota Pangkalpinang. Ia diduga terjangkit dari salah satu pegawai BPJS Kesehatan yang terkonfirmasi sebelumnya.

D-M, 17 tahun, perempuan, ini beralamat di Rejosari, Pangkal Balam, Pangkalpinang. Dari hasil tes swab PCR pada 21 September 2020 dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19. Sejak 22 September 2020 diisolasi dan menjalani penanganan di BKPSDMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Dengan penambahan delapan kasus baru ini, jumlah kasus positif di Kota Pangkalpinang 138 orang, terbanyak di Babel, ini harus menjadi kewaspadaan, " tukasnya.

Ia meminta, masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19, sebagai upaya mencegah terjangkit penyakit Corona.

"42 pasien asal kota Pangkalpinang saat ini masih menjalani perawatan, di Bangka dua pasien, Bangka Tengah dua pasien, dan Belitung satu pasien, total 47 orang, dari 320 total kasus positif di Babel, " jelasnya.

SumberHumas BPBD Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm