Ilustrasi interview virtual
Ilustrasi interview virtual ( pexels.com/Edward )

Apa Yang Harus Dipersiapkan, Jika Ingin Pindah Kerja Di Masa Pandemi ?

23 September 2020 19:26 WIB

 

SonoraBangka.id - Banyak perusahaan yang merumahkan, bahkan memberhentikan karyawannya akibat dari guncangan ekonomi yang bersumber dari pandemi Covid-19 saat ini.

Walau begitu, tidak sedikit pula peluang kerja yang di tawarkan oleh perusahaan.

Namun menurut data, jumlah perekrutan pekerjaan menurun di seluruh dunia.

Seperti yang terjadi di China dan Italia, dua negara yang paling terdampak Covid-19, angka rekrutmen pekerjaan bahkan minus 45 dua minggu setelah negara itu menerapkan lockdown.

Selain itu, banyak organisasi atau perusahaan yang mengalihkan tenaga kerja mereka untuk bekerja jarak jauh, menurut data LinkedIn.

Sementara itu, dikatakan  Feon Ang, Vice President, Talent and Learning Solutions, Asia Pacific, dalam wawancara tertulis kepada Kompas.com, bahwa di tengah berbagai ketidakpastian ini, kita tahu banyak profesional berusaha untuk dapat tetap produktif.

Ia mengatakan, untuk mempersiapkan diri terhadap peluang yang muncul, kita perlu mengasah kemampuan yang ada saat ini.

Diungkapkan Ang, bahwa memperoleh keterampilan baru dan mengasah kemampuan yang ada saat ini dapat membuat para profesional kembali bangkit dan siap bergerak maju, seperti sekarang di masa transisi menuju normal baru.

LinkedIn Learning  adalah salah satu situs yang menyediakan pelatihan keterampilan online.

Terdapat lebih dari 275 kursus di LinkedIn Learning dalam tujuh bahasa yang bisa diakses.

Kursus-kursus tersebut termasuk tips dan keterampilan untuk para pencari kerja, profesional untuk menghadapi tatanan normal baru, atau pun para pemilik bisnis skala kecil dan menengah.

Jangan lupa perluas jaringan atau koneksi sehingga peluang karier lebih terbuka lebar, disamping peningkatan kapasitas diri.

Sebagian besar proses rekrutmen kini dilakukan secara online dengan aplikasi video conference, dikarenakan kebijakan pembatasan jarak fisik.

Nah, ini berarti kita juga perlu mempersiapkan diri untuk wawancara virtual, termasuk mempersiapkan jawaban pertanyaan secara cerdas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingin Pindah Kerja di Masa Pandemi, Apa yang Perlu Dipersiapkan?", Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/10/170000620/ingin-pindah-kerja-di-masa-pandemi-apa-yang-perlu-dipersiapkan-.


SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm