Sambal Korek
Sambal Korek ( Gambar: @niguayola)

Cara Membuat Sambal Korek, Cocok Untuk Hampir Segala Jenis Makanan

26 September 2020 10:59 WIB

SonoraBangka.id- Salah satu sambal yang mudah dibuat dan bisa digunakan untuk hampir segala jenis makanan adalah sambal korek. Sambal korek di daerah Jawa Tengah tepatnya di Kartasura terkenal sebagai sambal pendamping bebek goreng.Kamu bisa menggunakan sambal korek untuk sambal cocolan atau dicampur dengan ayam, tahu, atau tempe penyet. Cara membuatnya mudah serta bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal korek ini cukup sederhana. Berikut ini resep dan cara membuat sambal korek berdasarkan buku "Sambal Komplit Selera Nusantara" (2012) karya Great! Kitchen terbitan Galang Press Media Utama. 

Bahan sambal korek

  • 10 buah cabai rawit merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 siung bawah merah
  • Garam secukupnya
  • Minyak sayur secukupnya

Cara membuat sambal korek:

  1. Haluskan cabai, bawang merah, bawang putih, dan garam dengan ulekan hingga cukup halus.
  2. Panaskan minyak sayur, lalu tuangkan minyak sayur yang sudah panas ke dalam sambal.
  3. Hidangkan sebagai cocolan atau dicampur untuk sambal penyet.

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Sambal Korek, Sambal Bawang yang Cocok untuk Aneka Gorengan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/25/170300475/resep-sambal-korek-sambal-bawang-yang-cocok-untuk-aneka-gorengan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm