Ilustrasi indikator bensin (youtube.com)
Ilustrasi indikator bensin (youtube.com) ( kompas.com)

Agar Dimengerti Lagi Arti Huruf E pada Indikator Bahan Bakar

26 September 2020 21:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Pada saat volume bahan bakar mulai tiris, biasanya akan ada logo yang berkedip. Salah satunya adalah indikator E yang menunjukan sisa bensin.

Tapi, masih banyak pengemudi yang belum tahu apa arti indikator E tersebut. Ada yang menganggap singkatan E dari Empty, ada juga yang mengatakan E berasal dari kata Emergency.

Artinya, pengemudi mobil harus siaga dan segera menuju stasiun pengisian bahan bakar umum terdekat.

Terkait hal tersebut Bambang Supriadi sebagai Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM)  mengatakan, E pada indikator bensin lebih mengartikan Empty atau kosong.

“Tetapi masih ada beberapa sisa liter dalam tangki, bukan benar-benar kosong,” ujar Bambang saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Bambang mekanjutkan, masing-masing kendaraan biasanya memiliki reservoir (RES) yang merupakan bahan bakar minyak (BBM) cadangan yang ada di dalam tanki kendaraan, sehingga memungkinkan mobil atau motor tetap bisa melaju ketika indikator bensin sudah di posisi E.

“Rata-rata mobil memiliki kapasitas tangki 40 sampai 45 liter. Jika pada kondisi sudah di E, mobil masih bisa bergerak kurang lebih 30 kilometer sampai 60 kilometer, karena ada cadangan sekitar 3 liter sampai 6 liter,” kata Bambang.

Walau demikan, memang cukup sulit mengukur mobil bisa menempuh berapa kilometer lagi. Jadi Bambang menyarankan pemilik kendaraan sebaiknya segera mencari SPBU terdekat.

Sementara itu, Didi Ahadi, dari Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM,  menambahkan, ada baiknya pada saat indikator mobil sudah berada di posisi E, pemilik mobil mematikan AC supaya kerja mesin tidak berat.

“Menyalakan AC akan meningkatkan kinerja beban mesin, jadi saat AC dimatikan otomatis beban mesin akan berkurang sehingga bahan bakar pun bisa lebih irit,” kata Didi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pahami Lagi Arti Huruf E pada Indikator Bahan Bakar", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/25/144100515/pahami-lagi-arti-huruf-e-pada-indikator-bahan-bakar.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm