Ilustrasi air mineral
Ilustrasi air mineral ( )

Walau Sedang Haus, Jangan Minum Air Terlalu Banyak. Mengapa ?

29 September 2020 08:57 WIB

SonoraBangka.id - Seorang ahli penyakit saluran pencernaan di Southern Florida, Leonard Smith mengungkapkan bahwa, jika kita sudah merasa haus, kebanyakan orang cenderung minum air putih dengan cara keliru, yang akhirnya membuat tubuh tidak mampu menyimpan cairan dengan baik

Sebagai contoh, seseorang cenderung akan “menenggak” air dari botol, sekaligus dalam jumlah banyak, dalam waktu singkat, setelah melakukan olahraga di gym, lari jarak jauh, atau kegiatan yang mengeluarkan banyak keringat.

Cara itu memang menghilangkan rasa haus, namun minum air putih yang terburu-buru dan sekaligus banyak justru dapat menghilangkan manfaat sehat minum air putih.

Menurut Smith, sebaiknya kita tidak jangan menenggak satu botol air sekaligus, walau sehaus apapun itu.

Karena itu akan membuat Anda buang air kecil lebih sering, yang berarti tubuh menyingkirkan air lebih banyak.

Dengan kata lain, walau Anda sudah minum banyak, namun tubuh tetap dehidrasi seperti sebelumnya. 

Efek dehidrasi yang umum terjadi ialah tubuh terasa sangat lelah, pusing yang tidak hilang setelah mengubah posisi dari duduk ke berdiri, hingga kesadaran menurun.

Keracunan air yang secara medis dikenal sebagai hyponatremia, juga bisa terjadi karena terlalu banyak air yang masuk sekaligus ke dalam tubuh.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm