Penggantian oli mesin untuk sepeda motor skutik (Otomania/Setyo Adi)
Penggantian oli mesin untuk sepeda motor skutik (Otomania/Setyo Adi) ( kompas.com)

Apakah Anda Sudah Tahu, Ternyata Oli Mesin Motor Bisa Stres?

29 September 2020 18:06 WIB

SONORABANGKA.ID - Pelumas atau Oli merupakan komponen yang memiliki peranan penting dalam memelihara perfoma mesin motor. Ibarat darah pada tubuh manusia, fungsi oli pada mesin motor punya pengaruh yang sama. 

Jadi, perawatan berkala tentunya dibutuhkan supaya usia sepeda roda dua bisa makin panjang.

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan cara mengganti pelumas motor secara rutin. Karena, bila itu diabaikan bisa membuat oli mesin menjadi stres.

Artinya, oli mesin menjadi tidak bekerja sempurna dan mengalami penurunan fungsi.

Kepala Bengkel Mekar Bintaro Adih mengatakan, ada beberapa penyebab yang bisa membuat oli mesin menjadi stres.

Penyebab pertama adalah motor yang sering terjebak macet. Sebab dalam kondisi tersebut terjadi kondisi stop and go, tetapi mesin tetap bekerja.

“Hal ini membuat suhu mesin meningkat lebih cepat dan menambah risiko keausan, ditambah sirkulasi udara tidak terjadi secara maksimal,” ujar pria yang akrab disapa Qinoy kepada Kompas.com, Senin (28/9/2020).

Penyebab lainnya adalah sepeda motor yang diam dalam waktu lama. Keadaan ini juga dinilai bisa membuat fungsi oli berkurang dan membuat oli stres karena adanya penurunan pada unsur aditif dan tingkat viksositas namun zat asam naik, yang pada akhirnya menyebabkan oli mesin tidak berfungsi dengan baik.

“Terakhir, gunakan SAE atau tingkat kekentalan yang sesuai dengan anjuran. Jika tidak sesuai maka jangan heran bila terjadi masalah pada kendaraan,” kata Adih.

Sebagai contoh untuk oli dengan kode SAE 15W-50, artinya tingkat kekentalan oli mencapai angka 50 yang penggunaannya masih bisa sampai kondisi suhu minus 15 derajat celcius.

Rata-rata skutik Jepang bermesin di bawah 250cc menggunakan oli SAE 10W-30, sementara untuk skutik Jepang dengan mesin 250cc keatas menggunakan oli SAE 10W-40 ataupun SAE 5W-40.

Karena Mengingat pentingnya pelumas atau oli pada mesin, Adih menyarankan pemilik kendaraan untuk selalu memperhatikan keberadaannya termasuk penggantian secara rutin dan berkala.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sudah Tahu, Oli Mesin Motor Ternyata Bisa Stres?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/29/102200115/sudah-tahu-oli-mesin-motor-ternyata-bisa-stres-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm