Tampak dari jauh PIP yang berada di Laut Sukadamai Toboali, Rabu (30/9/2020).
Tampak dari jauh PIP yang berada di Laut Sukadamai Toboali, Rabu (30/9/2020). ( Bangkapos.com/ Jhoni Kurniawan)

Tertibkan PIP di Laut Toboali, Polres Basel Perintahkan Setop Aktivitas

1 Oktober 2020 11:55 WIB

SonoraBangka.ID - Aktivitas tambang Ponton Isap Produksi (PIP) yang berlokasi di Laut Sukadamai ditertibkan oleh Satuan Polres Bangka Selatan, Rabu (30/9/2020).

Tindakan penertiban tersebut dipimpin langsung oleh Wakapolres, Kompol Sarwo Edi Wibowo bersama jajaran.

Jajaran Polres Bangka Selatan pun langsung mendatangi area operasi PIP menggunakan sebuah kapal cepat (speed).

Setelah melakukan penertiban di Laut Sukadamai, Kompol Sarwo Edi Wibowo mengatakan pihaknya telah meminta dan mengingatkan agar PIP ilegal ataupun mitra CV yang telah bermitra dengan PT Timah untuk menghentikan aktivitas penambangan dan kembali ke wilayah masing-masing (pull masing-masing).

"Untuk ponton-ponton mitra CV kita perintahkan untuk segera tidak beraktivitas karena surat perintah kerja (SPK) dari PT Timah sudah usai sedangkan untuk PIP ilegal kita peringatkan untuk segera keluar dari Laut Toboali dan meninggalkan kawasan ini," tegas Kompol Sarwo Edi Wibowo.

Kompol Sarwo Edi Wibowo juga menegaskan dasar penertiban yang dilakukan oleh pihaknya yakni pihaknya telah melakukan diskusi dan rapat bersama PT Timah, bahwasanya ponton yang ilegal diminta untuk ditertibkan oleh aparat keamanan.

"Tadi kita sudah sampaikan dan mereka akan segera menepi dan tak beraktivitas," ungkapnya.

Ketika dikonfirmasi kembali berapa banyak PIP yang beraktivitas, Wakapolres Bangka Selatan ini menyatakan sedikitnya 44 PIP yang memiliki izin dan ada ratusan PIP yang beraktivitas tapi tak memiliki izin.

"Perkiraan ada 44 yang legal dan kalau yang ilegal itu ada banyak hingga rarusan," tegasnya.

Pihaknya lanjut Kompol Sarwo Edi Wibowo akan kembali melakukan pengecekan pada esok hari, Kamis, (1/10/2020) untuk memastikan apakah PIP ini telah kembali dan tak beraktivitas.

"Besok akan kita cek kembali atas kegiatan pengamanan ini, jika memang tak mau akan kita tindak tegas," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Polres Bangka Selatan Tertibkan PIP di Laut Toboali, Diingatkan untuk Tak Beraktivitas.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm