Ilustrasi cuci tangan
Ilustrasi cuci tangan ( KOMPAS/MOHAMMAD HILMI FAIQ )

Mitos Atau Fakta, Covid-19 Bertahan 28 Hari Di Permukaan Benda ?

13 Oktober 2020 08:12 WIB

SonoraBangka.id - Penularan Covid-19 sejak awal kita tahu salah satunya, disebabkan oleh cipratan droplet dari orang-orang terinfeksi yang batuk atau bersin.

Sementara itu, virus SARS-Cov-2 atau yang dikenal sebagai Covid-19 ini memang sudah menyerang kita lebih dari setengah tahun, dan masih harus terus diwaspadai penyebarannya.

Tapi, sistem penularan diketahui berkembang hingga partikel-partikel yang berada di udara.

Selain itu, kita juga dapat tertular ketika menyentuh permukaan barang logam maupun plastik, yang mungkin sudah terinfeksi.

Virus ini dapat bertahan di permukaan benda-benda semacam itu, selama 2-3 minggu, demikian menurut beberapa sumber.

Tapi, ada juga yang berpendapat bisa lebih dari itu.

Menurut penelitian CSIRO Australia, ditemukan kesimpulan bahwa virus ini bisa bertahan dalam waktu 28 hari di atas permukaan benda-benda yang halus.

Misalnya, kaca pada layar ponsel, plastik, dan uang kertas ketika disimpan pada sekitar suhu 20 derajat celcius.

Sementara studi yang dipublikasikan di Virology Journal pun menemukan, SARS-Cov-2 hanya dapat bertahan sebentar pada suhu yang lebih panas.

Virus Covid-19 akan berhenti menginfeksi dalam waktu 24 jam pada suhu 40 derajat celcius di beberapa permukaan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm