Ilustrasi sambal ulek.
Ilustrasi sambal ulek. ( SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJO)

Agar Awet Sampai 2 Bulan Berikut Ini Cara Menyimpan Sambal Ulek

14 Oktober 2020 10:52 WIB

SonoraBangka.id - Sambal ulek, apabila disimpan dengan tepat, bisa bertahan bahkan sampai dua bulan. Terkadang memang kita membuat sambal ulek dalam jumlah banyak untuk konsumsi beberapa hari ke depan. Prasetyo Widodo Chef de Cuisine Hotel Indonesia Kempinski Jakarta menyampaikan bahwa langkah pertama agar sambal awet adalah masak dulu dengan suhu yang tepat. Kemudian dinginkan sambal ulek mencapai suhu 5 derajat celsius dengan tidak melebihi waktu 90 menit.

Simpan dalam kemasam vacuum pack atau wadah plastik

Memasukkannya ke dalam vacuum pack adalah cara terbaik menyimpan sambal ulek matang sehingga terhindar dari kontaminasi. Vacuum pack bisa juga diganti dengan wadah plastik yang ditutup rapat.

Sambal ulek matang awet sampai 2 bulan

Apabila disimpan dalam kulkas, sambal ulek rumahan biasa awet sampai satu bulan. Lebih tahan lama lagi kalau diletakkan dalam freezer. Bisa awet sampai 2 bulan. Umur penyimpanan sambal ulek tersebut dipengaruhi oleh tidak adanya penambahan bahan pengawet kimia seperti layaknya sambal buatan pabrik. Panaskan dulu sambal yang masuk kulkas atau freezer sebelum disajikan agar rasanya lebih nikmat. Sementara terdapat cara lain jika ingin sambal lebih awet lagi. Caranya, keringkan cabai di suhu ruang atau dijemur di bawah sinar matahari. Kemudian tumbuk.   Sambal yang dibuat dari cabai kering bisa disimpan lebih lama tanpa kulkas maupun freezer.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Simpan Sambal Ulek agar Awet Sampai 2 Bulan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/13/144812075/cara-simpan-sambal-ulek-agar-awet-sampai-2-bulan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm