Artis peran Debby Sahertian
Artis peran Debby Sahertian ( Youtube The Leonardos)

Onad Terbahak Saat Debby Sahertian Jabarkan Bahasa Prokem pada Zamannya

14 Oktober 2020 22:19 WIB

SONORABANGKA.ID - Selain terkenal sebagai pembawa acara dan komedian, Debby Sahertian juga disebut sebagai pelopor bahasa gaul.

Dia kerap mengarsipkan, menelusuri, bahkan membuat kamus bahasa gaul.

Pemeran Marlena dalam Lenong Rumpi ini mengungkap bahwa akhir-akhir ini kerap menemukan istilah gaul dalam keseharian.

"Nih yang baru ‘Kompressor’ artinya kompleks, ‘Endos’ artinya enak, dan ‘Apose’ artinya ‘apasih’, 'eskalator teknologi manila' berarti es teh manis,” ujar Debby seperti dikutip Kompas.com dari chanel YouTube The Leonardo’s, Rabu (14/10/2020).

Mendengar penjelasan Debby, Onad pun terbahak. Menurut Debby, bahasa gaul sebagai bahasa percakapan terus berkembang mengikuti zaman. 

Jadi, dia akan membuat versi terbarunya dengan beberapa penambahan kosa kata.

“Kosa kata itu kan terus berkembang, jadi kayaknya aku mau bikin lagi. Sudah banyak sekarang tambahannya, banyak banget,” tambah Debby.

Kakak kandung aktor James Sahertian ini menambahkan, bahasa percakapan jika tidak segera dibukukan maka akan punah dan kehilangan penuturnya.

“Kalo enggak dibukukan ya, hilang gitu aja. Kalo dibukukan ‘kan bakal abadi terus, bisa jadi bahan buat orang lain tahu, 'oh ini artinya gini',” tambah Debby sambil tersenyum menanggapi pertanyaan Onad.

Debby terus menelusuri bahasa percakapan ini. Dibandingkan dulu, dia lebih mudah mengarsipkannya di masa kini, yakni tinggal masukkan catatan ke dalam gawainya.  

Bahasa gaul ini adalah bahasa rahasia yang dikembangkan pada awal 2000-an oleh kaum transgender.

Bahasa ‘gaul’ kemudian terus dikembangkan dan diarsipkan. Sampai sekarang, sosok Debby Sahertian begitu lekat dengan bahasa gaul ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Debby Sahertian Jabarkan Bahasa Prokem yang Gaul pada Zamannya, Onad Terbahak", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2020/10/14/210300966/debby-sahertian-jabarkan-bahasa-prokem-yang-gaul-pada-zamannya-onad.

SumberKOMPAS.com
PenulisAnas Fadly
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm