Defogger kaca belakang punya peran penting saat musim hujan (GridOto.com)
Defogger kaca belakang punya peran penting saat musim hujan (GridOto.com) ( kompas.com)

Bukan Sekadar Hiasan, Ini Fungsi Garis-garis Yang Menempel di Kaca Belakang Mobil

15 Oktober 2020 21:19 WIB

SONORABANGKA.ID - Kendaraan Mobil modern keluaran pabrikan saat ini sudah disematkan dengan berbagai fitur pelengkap untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan ketika berkendara.

Salah satunya adalah garis-garis yang menempel di kaca belakang mobil atau yang dinamakan dengan defogger.

Didi Ahadi sebagai Dealer Technical Support Dept Head PT TAM menjelaskan, defogger atau anti- embun pada mobil memiliki fungsi yang cukup penting untuk menghilangkan embun pada kaca.

“Ketika dinyalakan, maka kawat tipis berupa garis horizontal yang biasanya terpasang di kaca bagian belakang akan teraliri panas. Dengan demikian, embun yang sudah terbentuk akan hilang karena adanya panas dari kawat tersebut,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com, Rabu (14/10/2020).

Mengembunnya kaca bagian dalam terjadi karena suhu kabin lebih hangat dibandingkan suhu luar mobil. Defogger berfungsi menetralkan perbedaan suhu antara kaca bagian luar dan dalam.

Tapi, perlu digarisbawahi bahwa defogger hanya berfungsi sebagai penghangat kaca untuk menghilangkan embun, tidak bisa membersihkan kotoran.

Selain itu, Didi mengingatkan pemilik mobil untuk menghidupkan defogger pada saat kaca berembun saja.

“Setelah embun sudah hilang, lebih baik segera dimatikan agar visibilitas pengemudi tidak terganggu,” kata Didi.

Didi juga menyarankan kepada pengemudi mobil supaya tetap menyalakan AC saat berkendara di tengah hujan untuk mengantisipasi munculnya embun.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bukan Sekadar Hiasan, Ini Fungsi Garis di Kaca Belakang Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/15/094200315/bukan-sekadar-hiasan-ini-fungsi-garis-di-kaca-belakang-mobil.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm