Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock )

Terapi Plasma Darah Efektif Mengatasi Kebotakan. Apakah Benar ?

17 Oktober 2020 09:34 WIB

SonoraBangka.id - Kerontokan rambut adalah salah satu hal yang di takutkan oleh kebanyakan orang.

Karen kerontokan rambut yang akhirnya berujung pada kebotakan kerap kali membuat kita menjadi kurang percaya diri.

Namun, permasalahan ini bisa di atasi dengan beragam treatment atau perawatan rambut lainnya.

Salah satunya adalah terapi plasma darah atau platelet-rich plasma (PRP).

Terapi plasma darah dilakukan dengan cara mengambil darah pasien yang kemudian diproses untuk mendapatkan jumlah konsentrasi trombosit yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnnya.

Plasma darah ini mengandung ratusan protein dan growth factor, sehingga ketika diinjeksikan kembali ke kulit kepala akan memberi nutrisi yang mampu merangsang folikel pertumbuhan rambut secara efektif.

Karena prosesnya menggunakan darah kita sendiri, dokter Spesialis Kulit dan Kelamin sekaligus Medical Advisor MEN/O/LOGY by ZAP Clinic, Endi Novianto mengklaim bahwa perawatan ini sangat aman dilakukan.

“Tidak ada efek samping yang menyebabkan proses alergi, infeksi, berbahaya bagi tubuh, karena ini darah pasien sendiri,” ujar Endi dalam jumpa pers virtual, belum lama ini.

Efektivitas

Endi mengatakan bahwa rangsangan yang diberikan pada folikel membuat rambut yang tadinya istirahat memproduksi rambut baru menjadi aktif kembali.

(PRP) akan menstimulasi stem cell punca, yakni, sel yang bisa berkembang menjadi banyak jenis sel dalam tubuh.

Endi mengatakan, saat sel punca ini aktif, akan membuat rambut tumbuh, sehat dan menjadi lebih rapat.

Untuk itu, pada pasien dengan keluhan kebotakan baik itu female pattern hairloss, yakni kebotakan dengan bentuk tertentu pada wanita, atau alopesia androgenetik yang terjadi pada laki-laki, bisa diatasi dengan terapi plasma darah ini.

“Kadang-kadang pasien datang sudah licin, mereka bertanya, ini masih bisa diatasi pakai PRP dok? Bisa, kalau ada stem cell yang hidup, masih bisa,” ujar Endi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm