Polsek Belinyu mengamankan Ts (50), warga Sp Tambang 1, Desa Riding Panjang Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka tertangkap petani dan satpam karena diduga telah mencuri tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di perkebunan milik Koperasi KPKS Gunung Muda Sejahtera Desa Gunung Muda Kecamatan Belinyu pada
Polsek Belinyu mengamankan Ts (50), warga Sp Tambang 1, Desa Riding Panjang Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka tertangkap petani dan satpam karena diduga telah mencuri tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di perkebunan milik Koperasi KPKS Gunung Muda Sejahtera Desa Gunung Muda Kecamatan Belinyu pada ( Ist/ Polsek Belinyu)

Ditangkap Petani dan Satpam, Pencuri TBS Sawit Dibawa ke Polsek Belinyu

20 Oktober 2020 14:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Seorang warga Sp Tambang 1, Desa Riding Panjang, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka berinisial TS (50) diamankan oleh petugas Polsek Belinyu.

TS ditangkap petani dan satpam karena diduga telah melakukan pencurian tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di perkebunan milik Koperasi KPKS Gunung Muda Sejahtera Desa Gunung Muda Kecamatan Belinyu pada hari Minggu (18/10/2020).

Setelah ditangkap oleh petani dan satpan, pelaku TS dan barang bukti kemudian dibawa ke Polsek Belinyu pada sore harinya.

Barang bukti yang diamankan dalam penyergapan ini yaitu sebanyak 15 TBS dengan berat sekitar 160 kg, sepeda motor, ragak/keranjang, dodos dan rokok.

 

Berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP / B - 666 / X / 2020 / BABEL / RES BANGKA / SEK BELINYU tanggal 18 Oktober 2020 tentang tindak pidana yaitu setiap orang secara tidak sah memanen dan/atau memungut hasil perkebunan" sebagaimana dimaksud dalam UU Nomor 39 Tahun 2014 tentang Perkebunan Pasal 107 Huruf (d) dengan pelapor, Kuslim, warga Kampung Parit 26 Lama Desa Gunung Muda Kecamatan Belinyu.

Terdapat sejumlah saksi atas pencurian yang diduga dilakukan oleh TS, yakni Ramadani, Satpam Perkebunan Kelapa Sawit Koperasi KPKS Gunung Muda Sejahtera dan Karmin, petani warga Desa Neknang Kecamatan Bakam.

Kapolres Bangka AKBP Widi Haryawan melalui Kapolsek Belinyu AKP Ricky Dwiraya Putra membenarkan kejadian pencurian TBS kelapa sawit milik perkebunan Koperasi KPKS Gunung Muda Sejahtrra.

"Kejadiannya pada hari Minggu tanggal 18 Oktober 2020 sekitar pukul 10.00 WIB bertempat di perkebunan koperasi KPKS Gunung Muda Sejahtera di Desa Gunung Muda Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka telah terjadi diduga tindak pidana, yakni setiap orang secara tidak sah memanen dan/atau memungut hasil perkebunan yang dilakukan oleh pelaku atas nama Ts," kata Ricky, Selasa (20/10/2020).

Ditambahkannya, modus kejadian dengan cara pelaku tanpa izin memungut serta memanen kurang lebih 15 tandan buah segar kelapa sawit milik perkebunan koperasi KPKS Gunung Muda Sejahtera dengan menggunakan alat berupa 1 buah dodos/alat memanen buah kelapa sawit serta 1 buah alat berupa tojok/alat mengangkat buah kelapa sawit atas perbuatan tersebut pihak koperasi KPKS Gunung Muda Sejahtera mengalami kerugian materi kurang lebih Rp. 243.200.

"Saat ini tersangka berikut barang bukti diserahkan oleh pihak koperasi ke Polsek Belinyu pada hari Minggu (18/10/2020) sekitar pukul 17.45 WIB guna proses lebih lanjut," ujar Ricky.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Pencuri TBS Kelapa Sawit di Belinyu Ditangkap Satpam dan Petani

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm