( Ist / Diskominfo Babel)

Pemprov Babel Budidaya Tanaman Porang Untuk Dijadikan Komoditi Ekspor

21 Oktober 2020 11:36 WIB

SonoraBangka.id - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menjelaskan, secara teknis budi daya porang oleh petani Babel diurus langsung oleh BRI Syariah bersama PT Empat Saudara yang akan membimbing petani mulai dari pembiayaan, bibit, hingga hasil panen pasti memiliki pembeli (offtaker).Pemprov. Babel bersama calon petani dan calon lokasi pemantapan budi daya tanaman porang sepakat untuk membudidayakan tanaman Porang di Babel.

Porang adalah tanaman khas Indonesia yang juga dibudidayakan oleh negara lain seperti, Thailand dan Vietnam. Industri porang dapat dikembangkan khususnya di Babel, agar bisa menjadi komoditi ekspor asal Indonesia yang sementara baru memenuhi 25 -20 persen kebutuhan dunia.

Sinergi yang dilakukan juga melibatkan mahasiswa jurusan pertanian UBB. Harapannya, melalui audiensi ini dapat membantu agar tanaman porang berkembang sesuai dengan yang diharapkan hingga hasil tanaman porang Babel dikenal dunia.

Dalam rangka percepatan pengembangan porang di Bangka Belitung, berikut merupakan topik yang dibahas dalam audiensi, di antaranya:
1. Pembentukan pola kerja sama untuk menentukan harga dan target pasar serta para offtaker.
2. Kebutuhan modal usaha dalam memulai dan mengembangkan tanaman porang akan dibantu oleh BRI.
3. Keberhasilan bertani porang mulai dari tahap benih, budidaya, pupuk hingga tehnik panen.
4. Memperhatikan pola tanam yang digunakan calon para petani, berupa manokultural atau tumpang sari porang bersama tanaman lain.

"BRI Syariah akan memberi bantuan pembiayaan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) mikro secara langsung kepada PT Empat Saudara, agar petani mendapat bibit unggulan, baik fasilitas teknis dalam budi dayanya," ungkap Gubernur Erzaldi.(20/10/20).

Seperti yang dikatakan Kepala Dinas Pertanian Babel, Juaidi, bahwa teknis ini disiapkan Gubernur Erzaldi karena bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat agar masyarakat jadi sejahtera.

Dalam budi daya porang yang paling penting adalah target market (pasar). Calon offtaker hasil produksi bertani porang Babel yaitu PT Surya Jaya Modernitika Nusantara.

"Belajar dari perusahaan sukses di dunia, menciptakan market adalah kunci utama. Selain itu, hal penting lainnya adalah penjagaan kualitas produk yang bagus dan terkontrol agar tidak mengecewakan pembeli," ungkap Hengky Sujono perwakilan dari PT Surya Jaya Modernitika Nusantara (calon offtaker).

"Pembeli akan mencari kita, kita tidak perlu lagi mencari pasar setelah pasar tahu kualitas yang terjaga," tambahnya.

Pihak BRI Syariah pada kesempatan ini menjelaskan bahwa fasilitas yang disediakan adalah pemberian KUR Mikro. Dengan selisih margin pembayaran pada KUR Mikro sangat tipis dan sangat bersahabat dalam pertahunnya, hanya beberapa ratus ribu saja.

UMKM BRI menyiapkan fasilitas KUR Mikro pembiayaan di bawah 50 juta tanpa jaminan dengan luasan lahan yang disesuaikan dengan pembiayaan yang disiapkan. Kelayakan akan diuji oleh pihak bank bersama PT Empat Saudara.

"Permodalan atau pembiayaan ini bukan bantuan, tetapi menjadi tanggung jawab keberhasilan usaha penanaman porang sehingga, bisa melunasi fasilitas KUR Mikro BRI syariah," jelas perwakilan BRI Syariah.

"Kami juga akan diaudit beberapa pihak, seperti kementerian, BRI Syariah Pusat sendiri atas aturan administrasi yang diberlakukan sama kepada semua petani sebagai calon penerima pembiayaan tanpa terkecuali," tambahnya.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm