Ilustrasi depresi
Ilustrasi depresi ( SHUTTERSTOCK)

Mau Ngilangin Pikiran Negatif Yang Selalu Mengganggu ? Ini Tipsnya

24 Oktober 2020 18:51 WIB

SonoraBangka.id - Jangan remehkan efek pikiran. Ya, karena tanpa sadar penyebab paling sederhana dari kegagalan maupun keberhasilan yang kita alami itu berkat pengaruh dari pikiran kita sendiri.

Percaya atau tidak, apa yang sedang kita pikirkan, entah itu baik ataupun buruk, nantinya bisa memengaruhi sesuatu yang sedang kita jalani.

Itu alasannya mengapa kita dianjurkan untuk sering berpikir positif daripada negatif.

Memangnya, sekuat apakah efek pikiran negatif bisa memengaruhi diri seseorang?

Ketika pikiran dipenuhi oleh hal-hal yang ‘berbau’ negatif, lambat laun itu akan memunculkan stres yang akhirnya malah mengacaukan apa yang sedang kita jalani.

Mudahnya begini, pikiran negatif itu seperti ketika kamu berbicara dengan diri sendiri.

Namun di sini, kamu tidak sedang menyemangati atau mendorong diri untuk terus maju.

Sebaliknya, kamu justru menyalahkan dan meremehkan kemampuan sendiri.

Coba ingat-ingat kembali, pernahkah kamu berpikir: “Saya tidak akan bisa melakukan hal itu”, “Sepertinya, tidak ada lagi yang bisa diharapkan dari diri saya”, atau bahkan “Untuk apa berjuang, kalau pada akhirnya saya tetap gagal juga”.

Mungkin terlihat sepele, tapi segelintir ucapan itulah yang tenyata berdampak cukup besar pada pikiran, tubuh, hingga hidup kita.

Jadi intinya, negative self talk atau  bicara hal yang negatif dengan diri sendiri merupakan sebuah dialog batin yang bisa membatasi kemampuan dan rasa percaya diri dalam waktu yang bersamaan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm