Pentingnya rotasi ban (kiosban.com)
Pentingnya rotasi ban (kiosban.com) ( kompas.com)

Jangan Lupa, Ban Mobil Perlu Dirotasi Secara Berkala

25 Oktober 2020 18:36 WIB

SONORABANGKA.ID - Masalah Tingkat keausan ban mobil tidak selalu sama antara depan dan belakang, kanan dan juga yang di sisi kiri.

Perbedaan titik beban kendaraan serta cara berkendara menjadi salah satu penyebab keausan ban tidak selalu sama, walaupun waktu pembelian keempat ban dilakukan secara bersamaan.

Adanya perbedaan tingkat ketebalan karet pembungkus pelek ini tentunya berpengaruh terhadap stabilitas kendaraan saat dikendarai.

Oleh karena itu, supaya tingkat keausan ban merata atau tidak terlalu berbeda jauh antara satu dengan yang lainnya perlu dilakukan rotasi.

Rotasi atau pemindahan posisi ban mobil dari satu posisi ke posisi lainnya perlu dilakukan secara berkala dalam periode tertentu.

Zulpata Zainal sebagai On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, pemindahan ban menjadi salah satu cara melakukan perawatan terhadap ban.

“Rotasi ban ini menjadi salah satu cara merawat ban, selain membersihkan, menjaga tekanan udara dan melalui penyemiran ban,” kata Zulpata kepada Kompas.com, Sabtu (24/10/2020).

Ditambahkan Zulpata, semakin sering pemindahan ban dilakukan maka akan semakin baik karena bisa menjaga umur ban agar bisa lebih panjang.

“Rotasi sangat sangat penting buat ban, ini akan berpengaruh terhadap umur ban. semakin sering ban dirotasi akan semakin bagus,” ujar Zulpata.

Melakukan rotasi sebaiknya juga diikuti dengan penyesuaian lainnya yakni pengecekan kelurusan roda atau spooring.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm