Ilustrasi mengencangkan baut saat mengganti ban. (afroautos.com)
Ilustrasi mengencangkan baut saat mengganti ban. (afroautos.com) ( kompas.com)

Mana yang Lebih Dulu Diganti, Ban Belakang atau Ban Depan?

27 Oktober 2020 19:22 WIB

SONORABANGKA.ID - Komponen Ban merupakan salah atau komponen penting dalam kendaraan, karena berhubungan langsung dengan jalan. Komponen ini juga termasuk fast moving dan memiliki usia pakai maksimum.

Jika telapaknya sudah botak, pemilik mobil wajib mengganti dengan yang baru terkait dengan kenyamanan dan keselamatan saat berkendara. Tapi, tidak sedikit dari mereka yang hanya bisa mengganti sepasang ban terlebih dahulu untuk menghemat biaya.

Lantas, jika kondisi ini terjadi dimana ban baru itu sebaiknya dipasang?

Zulpata Zainal sebagai On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk  yang mengatakan pemasangan ban baru wajib dipasang di belakang. Memasang ban baru di roda depan jelas berisiko karena membiarkan ban di roda belakang kondisi kembangan sudah tipis.

"Ini lantaran ban masih baru jadi daya cekram, grip, respons masih optimal, dibandingkan dengan ban yang sudah dipakai,” ujar Zulpata saat dihubungi Kompas.com, Senin (26/10/2020).

Supaya diketahui, mobil butuh traksi paling bagus di roda belakang. Hal ini lantaran roda depan masih bisa dikendalikan melalui setir.

Apabila ban belakang sudah jelek, risikonya malah terkena buangan air yang besar dari roda depan sehingga rentan terjadi selip atau aquaplanning dan oversteer.

Disarankan Zulpata, pada satu poros roda diusahakan kondisi bannya sama, misal bagian depannya sudah 50 persen keausannya, diusahakan kiri kanan sama kondisi keausannya, bagian belakang juga demikian.

“Sebab kalau yang diganti hanya satu, misal belakang kiri tapi belakang kanan sudah mau habis kembangannya, ini juga tidak disarankan. Sebaiknya bagian belakang kanan diganti juga,” kata Zulpata.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mana yang Lebih Dulu Diganti, Ban Depan atau Belakang?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/26/184100915/mana-yang-lebih-dulu-diganti-ban-depan-atau-belakang-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm