Ilustrasi memotong kentang untuk french fries.
Ilustrasi memotong kentang untuk french fries. ( SHUTTERSTOCK/IN GREEN)

Berikut Cara Tepat Memotong Kentang Untuk French Fries Untuk Camilan

28 Oktober 2020 11:31 WIB

SonoraBangka.id - Cara untuk memotong kentang biasanya mulai dari memanjang sampai spiral. Untuk french fries, biasanya kentang dipotong memanjang. Perhatikan juga pemilihan kentang selain cara memotongnya. Beli kentang yang ukurannya besar memanjang dengan permukaan cukup rata. Ingin membuat french fries sendiri untuk stok camilan long weekend? Perhatikan dulu cara tepat memotong kentang seperti dilansir dari Serious Eats dan Food Network berikut.

Kupas kentang

Pastikan pisau tajam supaya tidak merusak tekstur kentang.Kupas kentang menggunakan pisau dengan gerakan memutar maupun dari atas ke bawah. Kalau kamu mempunyai pisau khusus kentang, gunakan saja untuk memudahkan proses ini. Letakkan kentang kupas di dalam air dingin untuk mencegahnya berubah warna.

Cara potong kentang pakai pisau

Letakkan kentang yang rata ke bagian bawah. Belah kentang memanjang menjadi dua. Iris memanjang dengan ketebalan sekitar 1/2-1 sentimeter. Baringkan dan tumpuk irisan kentang, potong menjadi seperti stick. Usahakan untuk memotong kentang dengan ukuran yang sama atau minimal tidak jauh berbeda. Langsung masukkan kentang yang sudah dipotong ke dalam air dingin. Jangan biarkan kentang kupas terlalu lama di suhu ruang karena bisa membuat warnanya menjadi gelap. Kalau kamu mempunyai mandoline slicer alias alat pemotong kentang, bisa gunakan ini untuk memotong kentang tahap pertama. Setelah mendapatkan potongan dengan ketebalan yang serupa, tumpuk kentang lalu potong menjadi stick menggunakan pisau.

Tips menggoreng kentang

Setelah semua kentang dipotong, keringkan dulu. Caranya bisa menggunakan tisu makan. Bungkus pakai tisu makan, lalu tekan-tekan perlahan. Setelah itu, tata di atas tisu makan yang masih kering. Bisa juga mengeringkan kentang menggunakan pemutar salad, kalau punya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Potong Kentang buat French Fries, Stok Camilan Long Weekend", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/27/214310175/cara-potong-kentang-buat-french-fries-stok-camilan-long-weekend.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm