Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock )

Apa Yang Kita Dapatkan Dari Menulis Jurnal ? Ternyata Ini Manfaatnya

28 Oktober 2020 16:54 WIB

SonoraBangka.id - Untuk mengatasi kecemasan dan stress, setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda, apalagi di masa pandemi ini.

Nah, menulis jurnal atau "diary" adalah salah satu yang terbukti cukup efektif  untuk mengatasinya.

Tanpa disadari, menulis jurnal bisa menjadi cara mengidentifikasi alasan kenapa kita merasa cemas.

Faktanya, menulis jurnal ( journaling) ternyata dapat memberikan kita ruang khusus untuk memproses kejadian-kejadian yang kita alami dan menuangkan kecemasan yang ada di dalam pikiran.

Jurnal akan meningkatkan metakognisi dan kesadaran diri, setelah akar kecemasan dikenali.

Jadi pada intinya, journaling mampu memberikan ruang dan waktu untuk menampung perasaan yang terkait dengan pikiran yang menimbulkan rasa cemas, sekaligus mengurangi bentuknya menjadi sebuah tindakan.

Waktu memulainya

Setiap orang memiliki waktu dan tujuan yang berbeda dalam menulis jurnal

Oleh karena itulah, seorang psikolog Rebecca Mannis merekomendasikan orang-orang menulis jurnal di waktu yang mereka inginkan, asalkan kebiasaan ini menjadi rutinitas setiap hari.

Maka, sesuaikan saja dengan pribadi masing-masing.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm