Balancing roda perlu dilakukan rutin tiap 10.000 Km atau setiap merotasi ban mobil. (KOMPAS.com/Dio)
Balancing roda perlu dilakukan rutin tiap 10.000 Km atau setiap merotasi ban mobil. (KOMPAS.com/Dio) ( kompas.com)

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Melakukan Rotasi Ban Mobil?

31 Oktober 2020 21:12 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Salah satu cara dalam melakukan perawatan ban mobil adalah dengan rutin melakukan rotasi.

Yakni, memindahkan posisi ban baik dari sisi kanan ke kiri, pun dari depan ke belakang. Pemindahan posisi ban ini memiliki fungsi untuk menjaga agar tingkat keausan keempat ban seimbang.

Masalahnya, selama penggunaan karet pembungkus pelek ini mempunyai tingkat keausan yang berbeda-beda, walaupun keempat ban dipasang dalam waktu bersamaan.

Beban kendaraan dan cara berkendara pengemudi sangat berpengaruh terhadap tingkat keausan ban.

Tetapi, kapan waktu yang tepat untuk melakukan rotasi ban mobil? Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk, mengatakan, merotasi ban sebaiknya dilakukan secara berkala pada periode tertentu.

“Idealnya merotasi ban minimal 5.000 kilometer atau lebih cepat. semakin sering dilakukan rotasi akan semakin baik, ini sangat berpengaruh pada umur ban,” kata Zulpata kepada Kompas.com, Jumat (30/10/2020).

Ditambahkan Zulpata, pemindahan posisi ban ini bisa saja dilakukan lebih cepat atau sebelum kendaraan menempuh jarak 5.000 kilometer.

Tentunya sebagai pertimbangannya adalah dengan melihat kondisi ban atau tingkat keausannya.

“Melihat kondisi bannya juga, kalau kelurusan roda atau keseimbangan roda jarang diperiksa harus lebih sering lagi dilakukan rotasi ban,” ujar Zulpata.

Tingkat keausan ban yang berbeda antara satu dengan yang lainnya merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap kendaraan roda empat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm