Ilustrasi
Ilustrasi ( Thinkstockphotos )

Bagaimana Caranya Agar Sendiri Tapi Tidak Merasakan Kesepian ?

4 November 2020 14:39 WIB

SonoraBangka.id - Ada kalanya seseorang merasa kesepian pada suatu titik kehidupannya. Kejadian ini sebenarnya masih dianggap normal.

Nah, orang zaman sekarang rentan mengalami kesepian, dan kondisi ini kebanyakan dialami anak-anak, remaja, sampai orang tua.

Melansir Healthline, kesepian tak lepas dari perubahan gaya berkomunikasi kiwari yang cenderung via dunia maya ketimbang bertatap muka secara langsung.

Kesepian bahkan disebut sebagai pandemik, lantaran dampaknya luas dan bisa membahayakan kesehatan.

Di antaranya menyebabkan tekanan darah tinggi, melemahkan daya tahan tubuh, memicu depresi, bikin susah tidur, sampai memicu kematian dini.

Pada sebagian orang, menghabiskan waktu sendirian bisa menimbulkan perasaan kesepian.

Dijelaskan oleh psikolog Jennifer Sweeton, Psy.D., M.S., M.A. kepada Bustle, bahwa orang yang sendirian tapi merasa kesepian biasanya takut ketinggalan atau tidak terhubung dengan sekitar.

Sweeton menyebut, ada kalanya sendirian juga bermanfaat bagi kesejahteraan mental seseorang, walaupun bersosialisasi atau terhubung dengan orang lain penting.

Lalu, bisakah sendirian tanpa kesepian? Sweeton menjawab sangat mungkin.

Berikut beberapa cara mengatasi kesepian bagi Anda yang sedang sendirian:

1. Rehat dari media sosial

Mengabaikan atau tidak mengakses media sosial boleh jadi tantangan yang menantang orang kekinian.

Namun, studi membuktikan rehat dari media sosial terbukti dapat menghilangkan perasaan kesepian.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm