Jari di tuas rem (tribunnews.com)
Jari di tuas rem (tribunnews.com) ( kompas.com)

Hilangkan Kebiasaan Salah Naik Motor, Meletakkan Jari Pada Tuas Rem

5 November 2020 21:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Masih banyak pengendara sepeda motor yang memiliki kebiasaan meletakkan satu atau dua jarinya di tuas rem. Dengan alasan, supaya selalu siap saat harus melakukan pengereman.

Ludhy Kusuma, selaku Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, kebanyakan pengendara sepeda motor selalu menyudutkan atau meletakan jari telunjuk ke tuas rem depan saat berkendara.

Padahal teknik tersebut salah, seharusnya posisi jari semuanya mengepal pada grip gas dan tidak ada yang menempel pada tuas rem.

“Hal tersebut sangat berguna untuk mencegah penekanan rem yang tidak dibutuhkan yang sering dilakukan tanpa disadari. Bila jari berada di grip, maka akan lebih responsif ketika melakukan pengereman sehingga saat berkendara kita tetap aman,” ujar Ludhy, dalam keterangan resminya.

Senior Instructor Astra Motor Training Center Semarang, Fachrul Reza, juga mengatakan, kebiasaan meletakkan jari pada tuas rem bisa memberikan tiga dampak buruk.

“Yang pertama adalah kampas rem akan cepat habis,” kata Reza, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Karena, secara tidak sadar kampas akan terus menekan cakram atau pun tromol untuk rem belakang. Walau tekanan yang terjadi hanya sedikit, tetapi jika hal ini berlangsung lama, bukan tidak mungkin bisa menyebabkan kampas rem terus tergores dan membuatnya cepat menipis.

“Efek yang kedua adalah membuat piringan cakram atau tromol menjadi gosong (seperti terbakar),” ujar Reza.

Apabila kampas terus menekan cakram atau pun tromol rem belakang, lama kelamaan akan menghasilkan panas berlebih dan tercium bau gosong. Kondisi ini bisa memengaruhi kualitas pengereman.

“Dan efek buruk yang terakhir tentu saja membuat konsumsi bahan bakar akan semakin boros,” kata Reza.

Karena, laju kendaraan tidak bisa 100 persen lantaran tertahan oleh tekanan rem, di mana jari selalu menempel tuas rem yang secara tak sadar juga menekannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hilangkan Kebiasaan Salah Naik Motor, Menaruh Jari di Tuas Rem", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/05/130100515/hilangkan-kebiasaan-salah-naik-motor-menaruh-jari-di-tuas-rem.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm