Super Junior rilis album The Melody tepat saat peringatan 15 tahun debut
Super Junior rilis album The Melody tepat saat peringatan 15 tahun debut ( KOMPAS.com)

Super Junior Rayakan 15 Tahun Kebersamaan, Tak Melulu Mulus Jalannya

8 November 2020 15:26 WIB

SonoraBangka.ID - Tidak terasa sudah 15 tahun boyband Super Junior meneriakkan moto mereka "We're Super Juni~or" setiap kali memperkenalkan diri mereka. Boyband yang digawangi oleh Choi Siwoon, Leetuk, Lee Donghae cs ini telah melakukan berbagai hal selama 15 tahun terakhir.

Ada waktu yang sulit bagi grup asuhan SM Entertainment ini, tapi jelas setiap anggota dengan tegas mempertahankan posisi mereka dan telah membuktikan diri sebagai yang tertua di industri Kpop dan paling 'Super' di industri musik Korea.

Menjadi idol selama 15 tahun tentu memiliki makna tersendiri bagi Super Junior.

Namun, Super Junior bukan hanya grup pria yang paling lama berjalan, tetapi juga mempertahankan popularitas global di seluruh dunia.

Di atas segalanya, Super Junior adalah grup yang mewakili gelombang pertama Kpop dan memelopori jalan baru dengan mengambil langkah berbeda dari idola yang ada.

Lima belas tahun lalu, Super Junior dinyatakan sebagai grup proyek dengan dua belas anggota.

Pada awal tahun 2005, Lee Soo Man mengumumkan, dia telah mempersiapkan sebuah grup proyek yang semuanya terdiri dari dua belas anggota untuk debut pada akhir tahun.

Kemudian, grup yang awalnya beranggotakan Leeteuk, Heechul, yesung, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Siwon, Donghae, Ryeowook, Kyuhyun, Hangeng, Kangin, Kibum itu memulai debutnya pada 6 November 2005, melalui SBS Inkigayo.

Lee Soo Man menyebut grup penyanyi ini sebagai "The Gateway to Stardom of Asia" karena sebagian besar anggota di grup ini dipilih karena pengalaman mereka sebagai aktor, MC, model, dan pembawa acara radio sebelum debut.

Setelah penambahan anggota Kyuhyun, grup tersebut mulai mendapatkan popularitas penuh dalam bahasa Korea.

Secara khusus, lagu "Sorry Sorry" yang merupakan lagu utama dalam album lengkap ketiga Super Junior pada tahun 2009, menjadi mega hit tidak hanya di Korea tetapi juga di luar negeri.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm