Ilustrasi tidur
Ilustrasi tidur ( shutterstock )

Mudah Mengantuk Tapi Susah Untuk Tidur. Apa Yang Harus Dilakukan ?

8 November 2020 15:44 WIB

SonoraBangka.id - Semua orang pasti pernah menguap, baik tua maupun muda. 

Nah, seharian beberapa kali Anda menguap dan mengantuk ? Biasanya, saat menonton televisi mata mudah sekali terpejam.

Namun, begitu merebahkan tubuh di kasur, mendadak rasa kantuk itu hilang dan Anda malah sulit tidur.

Kondisi yang sering dialami biasanya adalah berbaring di tempat tidur tetapi sulit untuk tertidur .

Hal itu dapat terjadi karena ada sesuatu dalam lingkungan tidur yang membuat otak memberi perintah untuk membuat Anda bangun, dan bukannya tidur.

Seperti yang diungkapkan Philip Gehrman, pakar psikiatri dari Universitas Pennsylvani, bahwa bila seseorang selalu rutin tidur pada jam yang sama setiap malam, kemungkinannya ia akan langsung tertidur begitu naik ke kasur.

Hal itu dipicu oleh respon mengantuk. Tetapi jika dalam beberapa hari Anda selalu begadang dan sulit tidur, maka tubuh mengasosiasikan kamar dengan susah tidur.

Ada beberapa hal yang bisa memicu hilangnya rasa kantuk di tempat tidur, misalnya saja memikirkan pekerjaan sebelum Anda memejamkan mata atau menggunakan laptop di tempat tidur.

Kebiasaan ini akan menciptakan ide bahwa tempat tidur adalah tempat untuk bekerja atau hiburan.

Sementara itu ada beberapa kondisi emosi yang juga bisa merusak siklus tidur teratur, seperti kehilangan pekerjaan atau kematian orang tercinta.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm