Ilustrasi dengerin musik
Ilustrasi dengerin musik ( Grid.id)

Yuk Coba Rutinitas Pereda Stres Di Pagi Hari. Cuma 10 Menit Kok

10 November 2020 10:57 WIB

SonoraBangka.id - Bagi sebagian orang, stres bisa terjadi kapan saja, apalagi di masa pandemi yang berkepanjangan seperti saat ini.

Apalagi, hingga hari ini, situasi pandemi masih belum menunjukkan tanda akan berakhir.

Nah, ternyata berlatih mindfulness secara rutin bisa membantu meredakan stres tersebut.

Tak perlu memakan waktu lama, kita cukup melakukannya selama 5-10 menit di pagi hari.

Diungkapkanp praktisi Mindfulness, Adjie Santosoputro dalam konferensi virtual bersama JOOX, Rabu (16/9/2020), bawah pagi hari luangkanlah waktu untuk hening, jeda, duduk diam hanya menyadari naas, menyadari dirimu di saat ini, di sini-kini.

Adjie menambahkan, masa pandemi penuh dengan ketidakpastian. Berada dalam situasi ketidakpastian memang memicu munculnya stres.

Di samping itu, di masa pandemi, kita cenderung kerap merasa berkejaran antara satu momen dan momen berikutnya.

Desakan dan tuntutan tersebut pada akhirnya menambah stres yang kita rasakan.

Menurut dia, jeda sejenak memungkinkan diri kita belajar untuk memberi ruang pada diri sendiri untuk menyadari kenyataan apa adanya.

Dengan menyadari napas, maka tubuh dan pikiran kita akan dilatih untuk berada di momen saat ini (present), karena napas tidak terjadi di masa lalu maupun masa depan.

"Masa pandemi penuh ketidakpastian, wajar kalau kita cemas, panik, takut. Enggak apa-apa."

"Sama-sama belajar menerima rasa yang kita rasakan saat itu, bisa jadi hidup ini adalah sebuah ruang untuk belajar menerima ketidakpastian."

"Bukan untuk memastikan segala sesuatunya tapi untuk menerima, ikhlas akan ketidakpastian," ungkap dia.

Nah, cobalah untuk menikmati pagi yang santai dan tidak tergesa-gesa.

Kita bisa mendengarkan music atau berjalan kaki sambil menikmati matahari pagi.

Sejenak setelah bangun tidur, cobalah menikmati pagi hari yang santai dan tidak tergesa gesa.

Kita bisa menyeimbangkan diri kita dan membuat hati menjadi tenang dengan mendengarkan kata hati dan berlatih mindfulness.

Yang pada akhirnya, diharapkan hari kita bisa menjadi lebih produktif.

Adji mengatakan, dengan berlatih mindfulness, mulai mendengarkan kata hati maka kita akan mulai tenang.

Ditambahkannya pula, karena ada hal-hal yang tidak harus kita pikirin kan.

Jadi kita perlu sadar, tidak semua harus kita dengarkan. Berlatih olah rasa, di sini-kini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rutinitas Pereda Stres di Pagi Hari, Cuma 10 Menit, Coba Yuk...", Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2020/09/17/060000520/rutinitas-pereda-stres-di-pagi-hari-cuma-10-menit-coba-yuk-?page=2.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm