Ilustrasi kentang goreng dengan taburan garam dan daun peterseli.
Ilustrasi kentang goreng dengan taburan garam dan daun peterseli. ( PIXABAY)

Berikut 6 Cara Yang Benar Menyajikan Kentang Goreng Agar Lebih Enak

10 November 2020 11:01 WIB

SonoraBangka.id - Bahan camilan yang bisa menjadi andalan mudah dibuat adalah kentang beku bentuk korek api yang biasa kamu simpan di kulkas. Kentang goreng siap disajikan hanya perlu dengan menggoreng kentang hingga matang. Namun, agar kentang goreng menjadi lebih enak ada cara memasak yang benar dan penambahan topping yang dilansir dari Insider, berikut caranya.

1. Pemilihan kentang goreng

Bentuk kentang juga memengaruhi. Pilih kentang goreng yang memiliki tekstur renyah di luar dan lembut pada bagian dalam., pilih yang bergelombang, dengan potongan yang lebih lebar. Nantinya, bagian kentang yang berkerut akan mempermudah bumbu dan garam menempel. Panggang kentang di oven selama 30-35 menit, agar kentang tidak menempel di loyang letakan di atas selembar kertas roti

2. Taburi garam saat kentang keluar dari oven

Segera taburi garam, sesaat setelah kentang selesai dipanggang. Gunakan garam yang digiling halus, agar saat ditaburi ke kentang, garam bisa menempel dengan lebih baik.

3. Tambahkan bumbu dan rempah-rempah

Kamu juga bisa tambahkan bumbu dan rempah-rempah seperti bubuk bawang putih, garam berbumbu, atau minyak zaitun selain garam. Kamu bisa coba mencampur bawang putih dengan minyak zaitun, lalu oleskan pada kentang, sebelum dipanggang di oven. Kamu juga bisa coba meracik bumbu lain sesuai selera.

4. Beri topping pada kentang goreng

Chef Jose Mendoza dari Great Oak Steakhouse di California mengatakan bahwa tambahan topping dapat mengubah kentang goreng dari lauk menjadi hidangan utama. Mendoza merekomendasikan agar kentang goreng dimasak dengan kuah sup kental, lalu tambahkan topping keju mozarrella. 

5. Saus pedas dan lelehan keju

Kamu bisa menambahkan saus pedas dan irisan cabai yang dilengkapi juga dengan lelehan keju bagi kamu pencinta pedas,. Rasa gurih dan renyahnya kentang, ditambah pedas dan asin dari keju, merupakan perpaduan yang nikmat. Kamu bisa tambahkan daging cincang dan juga kacang merah sebagai pelengkap.

6. Saus pedas dan acar

Bahan-bahan yang mengandung asam, bisa membuat rasa dari kentang goreng lebih menonjol. Kamu bisa coba dengan acar yang asam. "Topping seperti jus jeruk, cuka, saus pedas, dan acar kontras dengan kekayaan kentang goreng yang renyah,’ jelas chef RJ Harvey, direktur kuliner di Potatoes USA. Jangan banjiri kentang dengan saus, cukup tuang sedikit demi sedikit atau perciki pada kentang. Saus pedas menambahkan rasa yang lembut dan nikmat pada kentang goreng. Kamu juga akan mendapat rasa asam dari acar, dipadu dengan rasa asin dari garam yang menjadikan kentang goreng terasa makin renyah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Cara Sajikan Kentang Goreng Biar Lebih Enak, Camilan Simpel", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/11/09/160600575/6-cara-sajikan-kentang-goreng-biar-lebih-enak-camilan-simpel?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm