Ilustrasi
Ilustrasi ( sajiansedap.grid.id)

Cara Membuat Empal Goreng, Bertekstur Empuk Dengan Rasa Yang Gurih

17 November 2020 10:43 WIB

SonoraBangka.id - Daging sapi goreng yang terbilang tidak asing di lidah masyarakat Indonesia adalah empal. Rasanya gurih dari bumbu sederhana dan tekstur dagingnya yang empuk karena dipukul sebelum digoreng. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, pasalnya cukup mudah untuk membuatnya dengan mengikuti resep berikut ini.

Resep empal goreng

Bahan:

  • 250 gr daging sapi bagian sengkel/kisi/shank
  • 10 siung bawang putih
  • 5 lembar daun salam
  • 2 iris lengkuas
  • 1 sdm ketumbar, sangrai dahulu
  • Garam secukupnya

Cara membuat empal goreng

  1. Rebus daging dalam panci. Pastikan air sampai menutupi semua daging.
  2. Haluskan bawang putih, ketumbar sangrai, dan garam. Masukkan bumbu halus dalam rebusan daging. Tambahkan lengkuas.
  3. Jika daging sudah setengah matang, angkat lalu tunggu hingga agak dingin. Pukul daging dipukul agar empuk dan lembut.
  4. Masukkan lagi daging ke dalam air rebusan. Tunggu hingga daging lebih lembut.
  5. Empal bisa disimpan dahulu semalam sebelum digoreng, tetapi bisa juga langsung digoreng. Setelah digoreng, empal siap disajikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Empal Goreng Tanpa Santan, Bisa Simpan di Kulkas buat Stok", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/11/16/152634975/resep-empal-goreng-tanpa-santan-bisa-simpan-di-kulkas-buat-stok.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm