Banjir rob di Jalan Nipah IV, RT/RW 006/002, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkalpinang, Kamis (18/11/2020).
Banjir rob di Jalan Nipah IV, RT/RW 006/002, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkalpinang, Kamis (18/11/2020). ( Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Kerap Dilanda Banjir Rob, Sunarti Warga Kampung Pelangi Khawatir Ada Buaya

19 November 2020 15:11 WIB

SONORABANGKA.ID - Tak seindah namanya, Kampung Pelangi, Pangkalpinang sering dilanda banjir rob tiap tahunnya.

Ketika musim penghujan datang dan dibarengi air laut yang sedang naik atau pasang bersamaan dengan turun hujan kawasan kampung ini pun kerap tergenang air.

Sunarti (32), salah satu warga yang tinggal di Kampung Pelangi ini sudah sering mengalami kondisi banjir rob seperti ini. Bahkan, belakangan ini rumahnya sudah tergenang air sejak empat hari terakhir ini, Kamis (19/11/2020).

 

Banjir rob setiap tahun saat pasang air laut selalu menggenangi rumahnya yang berlokasi di Jalan Nipah IV, RT/RW 006/002, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkalpinan.

Terkadang, air masuk saat tengah malam bahkan ketinggiannya hingga sepinggangnya,.

Hal itu membuatnya bergegas membereskan barang-barang hingga dokumen penting ketempat yang lebih aman dan tinggi.

Banjir rob adalah banjir yang diakibatkan oleh air laut yang pasang yang menggenangi daratan.

permasalahan ini kerap kali terjadi di daerah yang lebih rendah dari permukaan air laut.

Sunarti mengungkapkan, dirinya sering khawatir jika air semakin naik, binatang buas bisa saja datang ke kawasan banjir dan masuk ke rumah, apalagi banyak anak-anak yang bermain digenangan air tersebut.

Menurutnya, beberapa waktu lalu saat banjir rob memang ada terlihat buaya berenang dekat daerah tersebut.

Genangan air berwarna coklat kehitaman itu kerap kali pula membawa binatang-binatang kecil masuk kedalam rumahnya.

Sambil mengucek-ngucek baju di dalam bak hitam yang ia beri pewangi, Sunarti hanya berharap agar pemerintah setempat bisa memperbaiki kawasan tersebut, agar setiap tahun dirinya tak perlu khawatir lagi akan banjir rob.

"Biasanya gini lah, setiap tahun rutin gini kalau sudah bulan sebelas sampai bulan satu dua pasti banjir, cuma kapannya itu tidak menentu kalau air laut pasang langsung banjir, pernah waktu itu sampai sebahu," keluh Sunarti seperti dikutip dari Bangkapos.com, Kamis (19/11/2020).

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm