Andi Gilang (Foto: Istimewa)
Andi Gilang (Foto: Istimewa) ( kompas.com)

Andi Gilang Turun Kelas Ke Moto3 Mulai Musim 2021

19 November 2020 18:54 WIB

SONORABANGKA.ID - Tahun ini, Indonesia memiliki pebalap muda yang berlaga di MotoGP, khususnya kelas Moto2, yakni Andi Farid Izdihar. Tapi, musim ini juga jadi musim terakhirnya balapan di kelas tersebut.

Melalui media sosial Instagram pribadinya, pebalap yang akrab disapa Andi Gilang ini mengunggah sebuah foto. Dalam foto tersebut, Andi Gilang bersama dengan pihak dari Idemitsu Honda Team Asia.

Pada foto tersebut, Andi Gilang mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang masih memercayai dirinya untuk balapan di kejuaraan dunia. Di bagian akhir, Andi Gilang juga mencantumkan tanda pagar (tagar) # moto3.

Pebalap kelahiran Bulukumba, Sulawesi Selatan, ini kali pertama melakukan debutnya di Moto2 2019, tepatnya di Misano, Italia.

Turun satu musim penuh di kelas Moto2 pada musim 2020 bersama Idemitsu Honda Team Asia, pebalap dengan nomor start 27 ini menggantikan posisi Dimas Ekky Pratama.

Sejauh ini, performa Andi Gilang memang masih belum cukup menjanjikan. Tapi, di setiap serinya, pebalap jebolan Astra Honda Racing Team ( AHRT) ini tetap mengalami peningkatan.

Sebelum turun di Moto2, Andi Gilang juga sempat berkompetisi di FIM CEV Moto2 Europea Championship 2019. Prestasi terbaiknya saat itu adalah finis di urutan kelima dan berada di peringkat ke-14 di klasemen.

Perjalanan

Perjalanan Gilang bisa sampai balapan di Moto2 tidak mudah, jalan panjang harus ditempuh untuk menjadi pebalap profesional. Usia 10 tahun dia sudah mengikuti kejuaraan lokal di Kabupaten Bulukumba.

Karirnya mulai fokus setelah dia mengikuti program pembinaan pebalap muda dari Astra Honda Racing pada 2010. Medio 2011-2013, Gilang ikut kejuaraan balap bebek Motoprix Region 2 membela Honda Daya Golden.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm