Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik ()
Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik () ( kompas.com)

Ini Fungsi Tombol di Tuas Transmisi Mobil Matik Model Straight

19 November 2020 20:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Kendaraan Mobil dengan model tuas transmisi straight atau lurus, umumnya sudah langsung dilengkapi dengan sebuah tombol pada gagang tuasnya.

Penting untuk diketahui, keberadaan tombol yang bernama release button tersebut bukan sekadar hiasan, tapi memiliki fungsi yang cukup vital, yakni sebagai pengaman yang berfungi untuk mengunci tuas agar tak mudah tergeser.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Jakarta Selatan, Suparna, mengatakan tombol tersebut digunakan saat akan memindahkan posisi transmisi tertentu.

"Pada umumnya hanya berguna saat transmisi mau dipindahkan dari posisi P (parking) ke R atau ketika ketika mau mundur dan sebaliknya, jadi sebagai penahan atau penguncinya, karena yang krusial itu kan dari posisi P ke R jadi diberikan safety," kata Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, beberapa waktu lalu.

"Biasanya tombol harus digunakan juga saat ingin memindahkan ke transmisi yang lebih rendah. Contoh dari D mau geser ke gigi 2, karena bila tidak akan sangat berbahaya bila seandainya tanpa pengaman dan tuas tergeser ke gigi rendah ketika sedan di kecepatan tinggi," kata Suparna.

Menurut Suparna, Keberadaan tombol release tersebut, hanya akan ditemui pada mobil-mobil dengan tuas transmisi model straight saja.

Sedangkan untuk jenis tuas transmisi matik dengan model gate atau zig-zag, sengaja tidak ada karena sudah dibuat berjenjang.

Dari segi cara kerja, pengendara tak hanya harus menekan tombol pada tuas transmisi model lurus, tapi juga dibarengi dengan menekan pedal gas. Hal yang sama juga berlaku pada model gate.

"Pada dasarnya faktor keamananya dibuat ganda, double safety, harus pencet tombol sambil kaki injak rem baru bisa digeser. Pada model gate atau yang zig-zag itu juga demikian, tetap injak rem baru tuas bisa digeser, bedanya tidak pakai tombol release saja karena dirancang lebih simple," kata Suparna.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Kegunaan Tombol di Tuas Transmisi Mobil Matik Model Straight", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/19/091200215/ini-kegunaan-tombol-di-tuas-transmisi-mobil-matik-model-straight.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm