Dipstick oli pada mesin mobil (www.knowyourparts.com)
Dipstick oli pada mesin mobil (www.knowyourparts.com) ( kompas.com)

Cara Mengetahui Kualitas Oli Mesin Masih Bagus Atau Harus Diganti pada Mobil Pribadi?

23 November 2020 21:04 WIB

SONORABANGKA.ID - Salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh pemilik mobil adalah melakukan penggantian oli mesin setiap enam bulan sekali, atau bisa juga berpedoman pada jarak tempuh kendaraan yakni kurang lebih setiap 5.000 Km.

Tapi, masih banyak pemilik kendaraan roda empat abai, dan lupa kapan terakhir kali melakukan penggantian pelumas di jantung pacu. Otomatis, jadwal penggantian oli pun menjadi kacau lantaran tidak lagi sesuai dengan pedoman.

Kalau masih ragu dengan kualitas oli yang ada di dalam mesin, pemilik kendaraan bisa melakukan pengecekan sendiri menggunakan dipstick yang ada pada bagian mesin. Tujuannya untuk memastikan apakah pelumas yang ada masih baik atau harus diganti.

Didi Ahadi sebagai Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, memang tidak mudah untuk mengetahui kualitasnya karena oli sekarang punya banyak tipe dari SAE maupun API.

“Tetapi secara keseluruhan, oli yang sudah lama warnanya akan lebih gelap,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (21/11/2020).

Ditambahkan Didi, warna oli yang lebih gelap tersebut disebabkan karena pelumas sudah bercampur dengan sisa pembakaran. Sehingga, warnanya tidak lagi seperti pertama kali saat digunakan.

Tapi Didi menegaskan, pengecekan kualitas oli tidak bisa hanya dengan melihat tingkat keencerannya saja, karena semua itu tergantung SAE-nya. Semakin mendekati 0 maka akan semakain encer.

“Setidaknya hal tersebut bisa menekan rasa khawatir. Sebaiknya tetap di cek ke diler resmi untuk mendapat informasi yang tepat. Apalagi jika merasa ada gejala-gejala menganggu atau tidak biasa,” kata Didi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Mengetahui Kualitas Oli Mesin Masih Bagus pada Mobil Pribadi?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/23/122200015/cara-mengetahui-kualitas-oli-mesin-masih-bagus-pada-mobil-pribadi-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm